Jumat, 12 Agustus 2022

Hospital Tour dan Health Talk tentang "Mitos dan Fakta Saraf Terjepit" di RS Premier Bintaro

Hollaaa.. 

Bicara soal kesehatan untuk saat ini sangat menarik yah.. Apalagi semenjak pandemi. Bagiku sehat itu mahal. Ada harga yang harus kita bayar. Bukan soal materinya saja, tetapi juga waktu berharga yang kita sediakan untuk menyayangi tubuh kita sendiri termasuk di dalamnya olahraga dan pola hidup sehari - hari.

Tubuh bagiku aset yang paling berharga, kalau sudah sakit bukan main "ga enak"nya. Sudahlah tidak nyaman menjalani kegiatan sehari - hari (sakit badan), kita juga harus mengeluarkan kocek yang banyak sebagai bentuk ikhtiar untuk sembuh (sakit kantong). Kalau sudah begini, baru sadar deh sama peribahasa, "Lebih baik mencegah daripada mengobati". Betul?

Jangan Salah Pilih Rumah Sakit

Kalau sudah sakit biasanya saya mencoba minum obat - obatan herbal dulu maksimal 2-3 hari masa sakit. Jika sakit tak kunjung sembuh ataupun berangsur, ikhtiarnya di-maksimal-in nih, berobat ke rumah sakit terdekat berobat langsung ke ahlinya. Jujur, saya sedikit picky dalam memilih rumah sakit, karena pernah punya pengalaman buruk. Dokternya "wajib ramah" pokoknya! Yaaa kebayang ya, sudahlah dalam keadaan sakit sampai rumah sakit malah diomelin dokter. Ga enak banget kannn?😭

Yang kedua, kenyaman rumah sakit. Secara ga langsung rumah sakit yang nyaman bisa bikin kita relaks ga sih? Dapat mengurangi rasa "takut" sama tindakan - tindakan pengobatan yang akan dijalani. Apalagi anak - anak ya, biasanya tuh susah banget kalau diajak ke rumah sakit, dramaaaa tereus. Nah, senangnya ada RS yang sesuai keinginanku nih, lokasinya malah dekat dari rumah. Saya sudah beberapa kali kesini bawa anak - anak berobat, "RS Premier Bintaro" namanya. Fyi, sebelum pandemi rumah sakit ini sering mengadakan talkshow yang terbuka untuk umum. Alm. Mama saya selalu semangat untuk mengikuti. Bahkan kita pernah ikut helath talk ke Bogor bersama RS Premier Bintaro :)




Kenalan dulu yuk, ini dia RS Premier Bintaro

Rumah Sakit Premier Bintaro terletak di tengah kawasan Bintaro Jaya, dan mulai beroperasi pada 12 Oktober 1998 dengan nama Rumah Sakit Internasional Bintaro. Dan mulai tanggal 12 Agustus 2021 Rumah Sakit Internasiol Bintaro mengganti namanya menjadi Rumah Sakit PREMIER BINTARO. Perubahan nama rumah sakit dilakukan untuk mematuhi hukum dan peraturan yang berlaku tentang Rumah Sakit Indonesia kelas dunia.

Keunggulan Rumah Sakit Premier Bintaro :
  • Dokter Kompeten
  • Tenaga kesehatan yang profesional
  • Teknologi dengan perkembangan terkini
  • Tim support yang bekerja dengan hati dan empati
  • Kualitas pelayanan (mengikuti survey secara berkala)
  • Bekerja sama dengan klub - klub nasional Indonesia (mostly, basket dan bola). Fokus pada pemulihan engkel kali.
  • Kualitas operasi dan pemulihan
 
Nahhh, senang sekali pada tanggal 7 Agustus 2022 lalu saya berkesempatan untuk mengikuti Hospital Tour dan Health Talkshow di RS Premier Bintaro ini. Biasanya hanya masuk ke ruangan Dokter Anak, sekarang saya bisa menjelajahi seluruh sudut rumah sakit ini. Jadi semakin yakin bahwa selama ini saya tidak salah pilih rumah sakit.





Hospital Tour RS Premier Bintaro

Berikut adalah beberapa keunggulan / tempat yang saya kunjungi selama hospital tour kemarin. Semoga segala informasi disini dapat membantu teman - teman yang sedang mencari - cari info mengenai rumah sakit ini yah. :)

1. Visa Medical Check Up
 
Cek kesehatan untuk keperluan perjalanan ataupun pendidikan keluar negeri. Ini salah satu keunggulan dari rumah sakit ini, karena tidak semua rumah sakit memiliki fasilitas ini. Disini bisa melakukan screening paru paru dan lainnya. Layanan ini bekerja sama dengan 5 negara yakni New Zealand, United Statse of Amerika, United Kingdom, Australia, dan Canada





2. MRI 3 Tesla

MRI adalah teknologi untuk menghasilkan gambar pencitraan anatomi di dalam tubuh. Mulai dari tungkai, tulang belakang, saraf, otak, perut, jaringan dan otot, serta organ tubuh lainnya.

Mengikuti perkembangan zaman, Rumah Sakit Premier Bintaro menghadirkan kecanggihan teknologi radiologi dari MRI 3 Tesla Signa Pioneer. Dengan teknologi mutakhir Deep Learning, MRI 3 Tesla dapat memangkas waktu pemeriksaan sebesar 40-60% sehingga pemeriksaan dapat dilakukan lebih cepat.




3. Skin and Laser Center
 
Saya pun baru tahu dengan poli ini. Ternyata sekarang RS Premier Bintaro juga fokus ke pengobatan kulit. Di ruangan Skin and Laser Center ini terdapat alat bernama "Fotona Laser". Alat ini dapat memperbaiki scar (biopeng), merapatkan vagina, mengurangi ngorok saat tidur, menghilangkan tanda lahir dan tato. Pada poli ini tidak hanya ada dokter Sp. KK saja, tetapi juga spesialis kandungan, THT, vaskular, dan urologi. 







4. Stroke Center

Stroke Center di RS Premier Bintaro ada sejak Januari tahun 2022 ini. Baru beberapa bulan berdiri. Sayang saya tidak bisa masuk karena sedang ada pasien yang rawat inap di ruangan ini. Stroke Center berada berdekatan dengan CCU/ICU, ini dikarenakan untuk penanganan stroke harus sangat cepat dan tepat ditangani, namanya masa "golden period" (max. 6 jam). Dokter yang bekerja di divisi ini juga bekerja dengan team, tidak hanya satu dokter saja. Terdiri dari dokter bedah, dokter saraf, dokter emergency dan dokter radiologi. Ini keren sekali!





5. Spine Center

Ini merupakan layanan unggulan pertama RS Premier Bintaro ini. Sudah ada dari 5 tahun yang lalu. Alat terapi Ortopedinya sangat lengkap dan rumah sakit ini menjadi rujukan nasioal. Ini juga dikelola oleh team, dokter Ortopedi, spesialis bedah tulang belakang, spesialis neurologi dan sub-neuro-fisiologi, spesialis radiologi dan rehab medis (fisioterapi).

Spine Center merupakan pusat layanan untuk mengatasi semua masalah tulang belakang secara terpadu dan komprehensif. Penyakit saraf terjepit akan terapi di Spine Center.






6. Sport Center

Layanan ungulan lainnya adalah Sport Center. Jadi jangan heran kalau sering bertemu atlet - atlet nasional di rumah sakit ini, karena rumah sakit ini juga memiliki layanan khusus untuk mengatasi permasalahan kesehatan yang berhubungan dengan olahraga. 


Health Talk "Mitos dan Fakta Saraf Terjepit"

Setelah Hospital Tour, saya menuju ruang Krakatau untuk mengikuti acara selanjutnya yaitu Health Tak bersama dr. Omar Luthfi Sp. OT(K-Spine) membahas "Mitos dan Fakta Saraf Terjepit". Berikut kesimpulannya,

1. Apakah rasa nyeri pada punggung bawah itu tandanya "Saraf Terjepit"? Ternyata itu hanya MITOS. Yuk kita cari tahu gejala saraf terjepit yang benar :
  • Terasa nyeri menjalar hingga ke tungkai bawah
  • Tubuh terasa kesemutan dan mati rasa (baal)
  • Mengalami kelemahan gerakan tungkai
  • Mengalami gangguan rangsang saat BAB dan BAK
2. Apakah saraf terjepit bisa menyebabkan kelumpuhan? Ternyata itu FAKTA. Saraf terjepit bisa menyebabkan kelumpuhan jika tidak segera ditangani dengan baik. Jadi, jangan anggap sepele saraf terjepit ya. Penyebab jepitan saraf pada punggung bawah yaitu Herniasi Nucleus Pulposus (HNP), Lumbal Stenosis (penuaan), Spondylolisthesis (pergeseran Tulang belakang) dan Infeksi.

3. Metode urut dan kretek - kretek bisa meringankan nyeri punggung bawah? FAKTAnya, memang bisa, Tetapi, tidak semua nyeri punggung bawah boleh dilakukan pemijatan, bahkan ada yang dapat menyebabkan cedera lebih serius. 

4. Apakah saraf terjepit harus dioperasi? MITOS. Penanganan awal saraf terjepit bisa melakukan hal ini terlebih dahulu ; Bed rest (istirahat total) maksimum 2 hari, Analgetik, Penggunaan alat bantu (korset), Perubahan gaya hidup dan program rehab medik oleh Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi. Kapan harus dioperasi? 
  • Gagal terapi konservatif (Nyeri menetap > 6 minggu)
  • Terjadi kelemahan anggota gerak
  • Terdapat instabilitas atau gangguan bentuk tulang belakang
  • Berpotensi menyebabkan kelumpuhan

5. Operasi tulang belakang beresiko tinggi kelumpuhan? Ternyata hanya MITOS. Resiko kelumpuhan secara umum hanya 0-2%, karena semakin maju ilmu pengetahuan, keterampilan dokter semakin tinggi, dan peralatan semakin canggih. Salah satu rumah sakit yang juga memberikan layanan khusus untuk penanganan saraf terjepit adalah RS Premier Bintaro melalui Spine Center.

Dr. Omar Luthfi juga memberikan tips untuk mencegah saraf terjepit, yaitu agar kita selalu jaga berat badan ideal, rutin berolahraga (disarankan berenang) dan hindari kegiatan yang beraktivitas berat. 




Senang sekali bisa menjadi bagian dari acara kali ini, membuat saya jadi lebih tahu mengenal RS Premier Bintaro. Serta membawa segudang ilmu tentang seputar saraf terjepit. Semoga kita selalu diberikan kesehatan ya.. Aamiin.. 💕

Untuk info lebih lengkap, bisa kunjungi link di bawah ini yah :)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Populer