Rabu, 17 Maret 2021

Peran Penting Protein untuk Cukupi Nutrisi si Kecil

Secara umum makanan bernutrisi adalah makanan sehat atau makanan bergizi karena mengandung zat – zat yang dibutuhkan oleh tubuh. 


Mengapa Nutrisi Penting bagi Balita? 

Menurut WHO (2003), 3 tahun pertama kehidupan anak adalah masa – masa paling krusial bagi perkembangannya. Di periode ini, anak – anak bertumbuh dengan cepat. Makanan bernutrisi dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan otak. 

Jika anak tidak mendapatkan cukup makanan bernutrisi, ia beresiko mengalami perkembangan motorikdan kognitif yang tertunda, masalah sosial dan emosional, kesulitan berkonsentrasi, dan pencapaian akademik yang rendah. 

Dengan mengonsumsi makanan bernutrisi, anak akan tumbuh dan berkembang dengan baik, cerdas secara akademis, dan memiliki rasa percaya diri. Selain itu anak – anak juga akan terhindar dari masalah seperti kelaian pola makan, kegemukan, gigi berlubang, dan anemia akibat kekurangan zat besi.

Mendapatkan makanan bernutrisi berarti mendapatkan gizi dalam jumlah yang tepat dari makanan sehat dalam kombinasi yang tepat. Pengetahuan tentang nutrisi akan bermanfaat dalam menentukan pilihan makanan yang tepat bagi anakuntuk mencapai pertumbuhan dan perkembangan yang optimal.

Kebutuhan nutrisi untuk anak – anak pada dasarnya memiliki prinsip yang sama dengan nutrisi untuk orang dewasa. Akan tetapi, jumlah kebutuhannya berbeda. Nutrisi penting yang dibutuhkan meliputi karbohidrat, protein, dan lemak. Juga vitamin. Mineral, serat dan air sebagai pelarut seluruh zat dalam darah dan sel. 


Berikut ini nutrisi mendasar yang penting bagi anak – anak :


1. Karbohidrat dan lemak sebagai zat pemberi tenaga

Karbohidrat diperlukan untuk kebutuhan energi harian si Kecil. Kadar karbohidrat harian harus selalu dijaga agar kadar gula darah tetap terkendali, antara lain bisa didapat dari nasi, roti, singkong, ubi dan kentang.

Lemak bersumber dari hewani maupun nabati. Hewani misalnya, susu, daging dan telur. Lemak ini merupakan bagian dar nutrisi utama dalam menu harian anak ya Mams. Fungsi utama lemak adalah sebagai cadangan energi. Selain itu sebagai komponen pembentuk membran dan struktur sel - sel tubuh sekaligus pengantar sejumlah zat, serta penyerap vitamin yang larut dalam lemak. Ada lemak jenuh (saturated fatty acid) dan lemak tak jenuh (unsaturated fatty acid). Proporsi asuan lemak jenuh sebaiknya tidak lebih banyak dari lemak tak jenuh.


2. Protein sebagai Zat Pembangun.

Protein diperlukan untuk mendukung pembentukkan fungsi sel dan organ si Kecil. Selain itu, protein merupakan salah satu zat proteksi terhadap infeksi. Sumber protein antara lain, makanan laut, daging ayam, daging merah tanpa lemak, telur, kacang, produk kacang kedelai, dan biji – bijian.


3. Vitamin dan Mineral sebagai Zat Pengatur

Vitamin dan mineral penting untuk menunjang tumbuh kembang anak. Kedua zat ini dibutuhkan untuk membantu metabolisme karbohidrat, lemak dan protein. Selain itu, mineral juga diperlukan untuk menjaga Kesehatan anak, termasuk untuk membentuk tulang yang kuat. Bisa didapatkan dari berbagai bahan makanan.


4. Serat Pangan

Serat pangan (dietary fiber) adalah komponen nabati yang dikonsumsi dan tidak dicerna lebih lanjut. Serat pangan dibedakan menjadi serat larut (soluble fiber) dan serat tak larut (insoluble fiber). Keduanya penting bagi Kesehatan pencernaan. Serat pangan bisa didapat dari buah – buahan, sayuran, dan beras merah.


Nutrisi Seimbang - Sumber : halodoc.com



Nah, diantara 4 nutrisi di atas, sebagai Beef Lovers saya mau mengkaji lebih dalam mengenai “PROTEIN”, khususnya protein pada daging. Fyi Mams, besok, tepatnya 18 Maret 2020, jam 11.00 – 12.00 WIB akan diadakan program live “Indonesian Meat Cuisine” yang dipersembahkan oleh True Aussie Beef and Lamb. Ini sudah diadakan 5 kali berturut – turut lho dimana akan diakhiri dengan Live Big Bang yang mempersatukan 5 Excecutive Chef hebat berkumpul dan unjuk aksi memasak daging sapi Australia Bersama. Wahhh, bakal seru nih!


Sumber : https://www.trueaussiebeefandlamb.id



Daging Merah Australia

Australia memproduksi beberapa daging merah kualitas terbaik di dunia. Industri daging merah mereka menyediakan kebutuhan berbagai macam budaya, rantai pasokan, dan bisnis di lebih dari 100 negara. 


Daging Sapi Australia

Industri daging sapi Australia telah lama dikenal sebagai penghasil daging sapi berkualitas yang aman bagi pelanggandi seluruh dunia. Variasinya pun juga begitu banyak, mencakup produk daging sapi yang diberi pakan rumput, yang diberi pakan gandum, organic, dan yang dikembangbiakkan khusus seperti Wagyu dan Angus.


Daging Domba Australia

Tak hanya daging sapinya, daging domba Australia juga sudah dikenal di seluruh penjuru dunia. Karena daging domba dari Australia memiliki manfaat yang benar – benar alami dan tersedia dalam berbagai lini produk maupun potonganDombanya dibesarkan di padang rumput, diberi pakan rumput, dan bebas dari zat aditif buatan maupun hormone growth promotant (HGP). Daging domba True Aussie dibesarkan dengan perpaduan terbaik alam : udara bersih, air segar dan rumput hijau.


Daging Kambing Australia

Ada banyak alasan mengapa daging kambing menjadi salah satu protein pilihan banyak keluarga ; Daging kambing rendah lemak dan dianggap sebagai alternatif yang sehat oleh banyak orang. Juga merupakan salah satu daging d dunia yang tidak dianggap tabu dalam agama tertentu. Selain itu, daging kambing adalah sumber protein besi, seng, dan vitamin B12 yang baik.


Mengapa harus daging Sapi dan Domba Australia?

Selama lebih dari 200 tahun, para peternak Australia telah turun – temurun mewariskan pengetahuan mereka dari generasi ke generasi, menciptakan industry daging dan ternak yang membanggakan dengan sentuhan tradisi. Rantai pasokannya juga terdepan di dunia, ditambah dengan kebaikan hewan yang dibesarkan di lingkungan alami.

Beberapa merek sudah terkenal di berbagai negara sejak tahun 1980an. Seiring dengan perkembangan pelanggan Australia yang semakin global, akhirnya diluncurkanlah merek True Aussie pada tahun 2014.  Merek ini dibangun di atas 3 pilar utama yakni ;


1. Rumah Ideal

Daging Merah Australia benar – benar merupakan produk dari lingkunganny. Iklim yang unik, ruang terbuka yang luas, dan lingkungan yang alami, memungkinkan hewan hidup di habitat aslinya. Kehidupan hewan yang bebas dari stress berdampak positif terhadap kualitas daging merah.


Sumber : https://www.trueaussiebeefandlamb.id



2. Ketenangan Pikiran

Untuk mempertahankan reputasinya, Meat Live and Livestock Australia (MLA) dan industry daging merah yang leih luas telah menerapkan sejumlah program jaminan kualitas dan pelacakan. Hal ini memberikan ‘ketenangan pikiran’ bahwa produk dagiDng Australia dapat dipercaya dan dinikmati di mana pun daging itu dikonsumsi.


3. Kenikmatan Alami

Dari peternakan hingga pengelola dan pemasok, Australia sangat memperhatikan kualitas, keamanan, dan integritas. Sapi yang diberi pakan rumput dan gandum tesedia dalam aneka tekstur, profil rasa, dan karakteristik kualitas makan yang sempurna untuk banyak hidangan internasional.


Sumber : https://www.trueaussiebeefandlamb.id



Sudah jelas ya kualitas daging dari True Aussie Beef and lamb. Para pecinta daging, jangan sampai terlewat nih acara besok. Kelima Executive Chef akan berbagi tips and tricks cara mengolah daging sapi yang benar. Stay tuned di Instagram @dreamcoid dan @kapanlagicom pada tanggal 18 Maret 2020 jam 11.00-12.00 WIB. Acara ini akan diadakan dengan sangat meriah!!! 😍





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Populer