Rabu, 14 Oktober 2020

Aqua Home Service (AHS) Mendukung Perempuan Pelaku UMKM

Sulitnya Masa Pandemi

Perempuan merupakan power utama sebuah keluarga. Kelihaian dalam segala hal membuat keluarganya bisa hidup rukun, aman dan tentram. Termasuk hal yang paling penting yaitu finansial. Kesuksesan keuangan rumah tangga tak lepas dari perannya seorang Perempuan hebat.

Sayangnya, karena Pandemi yang tak berkesudahan membuat sebagian besar perekonomian keluarga porak poranda. Yang awalnya tenang berangsur kacau bahkan ada yang kesulitan untuk sekedar memenuhi kebutuhan sehari - hari. Ada yang suaminya dirumahkan sampai ada pula yang diPHK sepihak. Hahhh.. cukup sedih melihat kenyataan yang terjadi sekarang ini.

Salut, dalam keadaan sesulit ini perempuan langsung ambil langkah karena tak punya alasan untuk duduk diam. Belakangan ini banyak sekali perempuan hebat di luar sana banting setir menjadi "MOMPRENEUR" dadakan untuk mencari income tambahan. Saluuutt benar - benar salut. Dan senangnya lagi, sebagian yang hidupnya normal - normal saja (aman) dengan senang hati membeli bakulan temannya. Masya Allah..
 
Aneka jajanan mendadak booming di sosial media. Saya pun menjadi salah satu perempuan yang aktif berjualan masakan selama pandemi ini. Alhamdulillah terbantukan karena ada Mama yang menjadi koki utama. Mama yang merupakan suku Minang memiliki keahlian dalam memasak, yang itu diturunkan kepada saya saat ini. Alhamdulillah.. Akhirnya kami duet lalu lahirlah "Jajanan Awak", bisa cek di instagram @jajananawak yaaa, hehhe.

Namun bagaimana yang tidak memiliki keahlian memasak? Selow gaesss, Buibu punya seribu cara. Sebagian ada yang membuka clothing line sendiri, menjadi dropshipper, dll. Luar biasa ya Perempuan Indonesia. 😍 
 
Melihat fenomena yang terjadi belakangan ini, Danone-AQUA memberi solusi kepada Perempuan yang mungkin saja bisa kita lakukan saat ini untuk menyelamatkan perekonomian keluarga. Ternyata jauh sebelum ini Danone-AQUA memiliki program "AQUA Home Service (AHS)". 
 
 
 
AQUA Home Service


 

Apa itu AQUA Home Service (AHS)?

Jadi kemarin Selasa, 13 Oktober 2020 Danone-AQUA menggelar webinar inspiratif bertemakan “Pemberdayaan Perempuan Melalui Usaha Mikro Dalam Mendukung Ekonomi Keluarga”. Webinar ini diadakan untuk mendorong peran perempuan dalam memperkuat perekonomian melalui UMKM. Acara ini bertujuan membekali ibu rumah tangga dengan pengetahuan berbisnis agar dapat ikut membantu ekonomi keluarga di masa pandemi yang penuh tantangan seperti saat ini.
 
 
Narasumber Webinar 13 Oktober 2020

 

Webinar tersebut dihadiri oleh Eva Lusiana (VIP Sales Operation Danone AQUA), Tasya Kamila (Mompreneur), Ratih Retno Purwaningrum (Emerging Channel Director Danone AQUA), dan Indra Gunawan, Deputi Bidang Partisipasi Masyarakat, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA).

Di awal webinar disampaikan ;
 
"Bank Indonesia menyebutkan bahwa total UMKM di tahun 2018 mencapai 57,83 juta dengan lebih dari 60% dikelola oleh perempuan. Angka UMKM yang dikepalai oleh perempuan, terutama ibu rumah tangga, diperkirakan akan terus meningkat seiring dengan tren ekonomi yang bergerak ke arah ekonomi domestik di tahun 2020 ini termasuk dalam situasi pandemi saat ini."

Sejak tahun 2008  Danone-AQUA memiliki sebuah inisiatif bernama AQUA Home Service disingkat AHS yang memberdayakan ibu-ibu rumah tangga dengan menjadikan mereka duta kebaikan AQUA. Menyajikan kebaikan alam dan kebaikan hidup setiap hari melalui pemenuhan kebutuhan hidrasi keluarga Indonesia melalui usaha mikro bisnis. Maksudnya adalah, Perempuan Indonesia diberi kesempatan untuk menjadi Agen Resmi AQUA.
 
 

indra gunawan


“Partisipasi perempuan dalam ekonomi dapat memacu produktivitas dan berkontribusi pada pembangunan berkelanjutan,” kata Indra Gunawan, Deputi Bidang Partisipasi Masyarakat, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) yang hadir secara virtual pada webinar tersebut. “Oleh karena itu, Kemen PPPA terus mendukung partisipasi perempuan dalam sektor ekonomi melalui berbagai cara. Salah satunya dengan membuka jalan agar lebih banyak perempuan pelaku UMKM dan biasanya pelaku usaha mikro pada umumnya adalah perempuan”
 
 

Peran AQUA Home Service dalam Pemberdayaan Perempuan melalui Usaha Mikro dalam Mendukung Ekonomi Keluarga



ratih retno purwaningrum
Ratih Retno Purwaningrum


“Program AHS adalah wujud komitmen Danone-AQUA untuk senantiasa menyajikan kebaikan alam dan kebaikan hidup kepada lebih banyak keluarga Indonesia,” kata Ratih Retno, Emerging Channel Director Danone-AQUA saat menjadi pembicara di webinar. “Semoga dengan sesi inspiratif ini, di mana kita dapat berbagi cerita usaha masing-masing, akan ada lebih banyak perempuan yang terinspirasi untuk lebih berdaya dan memperkuat ekonomi keluarga.”

Keuntungan Menjadi Bagian dari AQUA Home Service

Pengetahuan berbisnis yang diperlukan perempuan agar dapat memulai usaha mikronya sendiri antara lain adalah pengelolaan keuangan, pelayanan konsumen, dan pemasaran. Semuanya dapat ditemui pada program AQUA Home Service (AHS) yang diinisiasi oleh Danone-AQUA sejak 2008. Sejalan dengan prioritas Kemen PPPA untuk melibatkan lebih banyak lagi perempuan berwirausaha terutama di sektor mikro mengingat sebagian besar pelakunya adalah perempuan. Program AHS memberdayakan perempuan dengan mengadakan kelas, sesi berbagi, dan pelatihan. Harapannya, Perempuan Indonesia dapat langsung berpraktik sebagai Duta Kebaikan bagi lingkungan dan keluarganya sekaligus mengambil peran sebagai distributor mikro produk AQUA yang dapat membantu perekonomian keluarga. Aamiinn..
 

AQUA Home Service
Keuntungan Bergabung AQUA Home Service



Pengalaman Salah Satu Perempuan yang Sudah Bergabung AQUA Home Cervice

Salah satu Ibu AHS yang berbagi cerita pada webinar tersebut adalah Ibu Nani Heryani, pemilik bisnis “AHS Widya” yang berdiri sejak 2010 di Jakarta.

“Suami saya memang bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil, tapi saya menyadari bahwa dia tidak bisa bekerja selamanya,” ucap Nani ketika ditanya alasannya memulai bisnis sendiri. “Saya kurang sreg jika kami harus mengandalkan uang pensiunan suami saya sepenuhnya untuk hari tua nanti. Saya ingin membantu meringankan beban suami. Alhamdulillah, saya bertemu program AHS. Dengan pembekalan dari AQUA serta dukungan sesama Ibu-Ibu AHS, saya lebih paham cara mengelola bisnis. Sekarang saya ada 3 karyawan yang membantu untuk menangani 4.000 order setiap bulannya. Saya juga turut aktif membantu Ibu-Ibu AHS baru jika mereka ada pertanyaan tentang bisnis mereka sendiri.”


Nani Heryani
Ibu Nani Heryani

Ibu Nani juga menyampaikan pencapaiannya selama menjadi mitra AHS dalam waktu sepuluh tahun belakangan ini. Beliau dapat menyekolahkan anak - anaknya sampai ke perguruan tinggi, dan memiliki tabungan sehingga bisa membeli tanah di sebelah rumahnya untuk dikembangkan menjadi lokasi AHS milik beliau. Wahhh luar biasa ya untuk pencapaiannya 😍

Lalu, bagaimana tanggapan Tasya Kamila mengenai program ini?


tasya kamila
Tasya Kamila



Aktris dan Mompreneur Tasya Kamila yang hadir pada webinar tersebut pun turut berbagi sudut pandangnya sebagai perempuan yang giat berbisnis.

“Kisah-kisah perjuangan perempuan seperti Ibu Nani inilah yang membuat saya kuat untuk menghadapi banyak tantangan ketika berbisnis,” kata Tasya. “Kadang saya merasa orang lain lebih hebat, lebih berpengalaman, tapi jangan lupa alasan mulia kita berbisnis. Kita ingin ekonomi keluarga kuat. Kita juga ingin terus menebar kebaikan di tengah masyarakat. Ketika merasa cemas dalam berbisnis, kita perempuan harus saling dukung dan hadapi tantangan bersama-sama. Ibu-Ibu AHS beruntung memiliki komunitas yang erat dan kuat.”


Bagaimana Cara Bergabung Menjadi Mitra AQUA Home Serice?

Saat ini, AHS memiliki lebih dari 8.000 anggota yang mayoritasnya adalah ibu rumah tangga dari berbagai provinsi di Jawa, Sumatra, Kalimantan dan Bali. Kemen PPPA dan Danone-AQUA berharap program AHS terus berkembang ke lebih banyak wilayah di Indonesia agar lebih banyak perempuan dapat menjalankan usaha mikro dan memperkuat ekonomi keluarga. 

Adapun syarat untuk bergabung menjadi Mitra AQUA Home Service, yaitu ;

 

cara bergabung menjadi mitra aqua home service
Cara bergabung menjadi mitra AQUA Home Service

Jadiiii, setelah melihat benefitnya, yakin nih ga tertarik untuk join menjadi salah satu mitranya?? 😍 Duh mau daftar juga jadinya 😋 Untuk info lebih lanjut bisa langsung ke link di bawah ini ya!

www.aqua.co.id (klik)

www.sehataqua.co.id (klik)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Populer