Rabu, 25 Desember 2019

Thai Vegetable Curry with Happy Soya Oil

Hai Momsque, saya mau share review penggunaan minyak Happy Soya Oil nih. Jujur baru pertama kali mencoba minyak ini. Sesuai namanya, Happy Soya Oil terbuat dari 100% Kacang Kedelai. Wahhh, ini semakin menguji rasa penasaranku. Biasanya minyak nabati terbuat dari kelapa sawit, seiring bejalan waktu kini sudah ada Minyak dari Kacang Kedelai! Ternyata bukan hanya dijadikan susu saja yah. Eh siapa nih penggemar susu soya? hihiii. Busui seperti saya sih wajib konsumsi makanan berprotein. Kira - kira manfaatnya akan sama ga sih antara Minyak Soya dengan Susu Kedelai? Okelah, saya akan kupas sedetail mungkin melalui tulisan ini.




Apa Sih  Happy Soya Oil?

Happy Soya Oil adalah Minyak yang terbuat dari 100% minyak kedelai murni. Kaya akan vitamin E, Antioksidan, Omega 3, dan Omega 6. Kandungan lemak tak jenuh tertinggi ; cocok banget nih untuk memasak sehari - hari. Meskipun jenis masakannya deep fried seperti gorengan yang sering kita makan itu 😋.

Melihat deskripsi yang ada di packaging Happy Soya Oil (pouch), entah kenapa saya langsung tertarik. Warna minyaknya yang terlihat lebih bersih dibandingkan dengan minyak kelapa sawit. Plus gambar - gambar masakan yang ada dibungkusnya. Minyak ini Multi Fungsi! Apa saja keunggulan lainnya?
  1. Vitamin E, bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan mencegah penuaan dini.
  2. Antioksidan, bermanfaat untuk menangkal radikal bebas.
  3. Omega 3 dan Omega 6, bermanfaat untuk menunjang kerja tubuh dan juga organ - organ di dalamnya agar tetap sehat menjalankan fungsinya dengan baik.
  4. Tahan Panas, dibandingkan minyak lain, Happy Soya Oil lebih tahan panas sehingga cocok dipakai untuk menggoreng makanan namun hasilnya tetap sehat.
  5. Paling Tinggi Kadar Lemak Jenuhnya dibandingkan dengan minyak lain.
Ternyata begitu banyak ya manfaat dari Minyak Kedelai ini. Senangnya lagi dengan keunggulannya yang tahan panas, kita dapat masak menu apapun yang kita suka! Mau ditumis ataupun Deep Fried.

Eat Healthy, Eat Happy

Happy Soya Oil memiliki slogan Eat Healthy, Eat Happy. Wah, makan saja bisa bikin happy ya 😍. Jadi yang dimaksud dengan slogan tersebut adalah Happy Soya Oil mengajak kita untuk tetap dapat menikmati makanan favorite seperti gorengan dengan cara yang lebih sehat! Bayangkan ya, hal yang paling kita takuti (minyak gorengan) sekarang sudah ada solusinya Moms. Ahhhh rasanya merdeka yaaa. Terbebas dari pantangan apapun. Ada yang mengatakan,

"Living Healthy is Hard" - Most People


Dimulai dari bangun tidur lebih awal, mengurangi mengkonsumsi gula, tidak makan karbo secara berlebihan, kembali tidur dengan waktu lebih awal, begitu setiap harinya. Ini membuat kita akhirnya menyerah begitu saja ya, seperti yang suami saya lakukan dan alami. "Untuk Diet saja kok susah ya Mi?" celoteh yang hampir sering saya dengarkan. Karena saat ini berat badannya semakin naik. 😂 Kasihan juga sih, karena berbulan - bulan beliau tersiksa dengan menu masakan yang saya masak. Apakah ada yang mengalami hal yang sama?

Oh yaaa, saat ini saya memang mengganti penggunaan minyak goreng untuk memasak. Bertujuan sebagai langkah mudah yang bisa saya jalani apalagi saat tidak sempat ber-olahraga. Yaaa, seenggaknya makan yang baik - baik (sehat) harus dimulai sedini mungkin.

Jangan Berhenti Makan Enak!

Makan sehat sih makan sehat, tapi kalau rasanya tidak enak bagaimana ya Moms? Niat hidup sehat pun bisa saja tiba - tiba kendor. Nah, itulah dilemanya sampai akhirnya kenal dengan Happy Soya Oil ini. Apapun jenis masakannya, semua masakan tetap aman jika menggunakan Happy Soya Oil ini. Dan Happy Soya Oil ini juga bisa ditambahkan langsung lho ke dalam salad. For your information nih Moms, ternyata Minyak kedelai ini bisa menjadi tambahan sumber lemak yang sehat untuk yang sedang diet.




Thai Vegetable Curry with Happy Soya Oil

Nah Moms, suami saya paling suka dengan masakan Thailand. Jadi kali ini saya mau mempraktekkan memasak salah satu masakan kesukaannya yaitu Thai Vegetable Curry yang berisi udang, kentang, wortel, dan kacang panjang yang menggunakan bumbu kari hijau. Tidak ketinggalan nampla sebagai bumbu khas Thailand. Bila ingin lebih enak bisa ditambahkan udang.

Resep Thai Vegetable Curry with Happy Soya Oil
Resep Untuk: 4 porsi
Sumber : Buku Primarasa (saya modifikasi sedikit)

Bahan :
  • 150 g kentang
  • 150 g wortel
  • 125 g kacang panjang
  • 1½ sdm Happy Soya Oil (untuk menumis)
  • 100 g bawang bombai, iris
  • 3 sdm bumbu kari hijau
  • 1.000 ml santan, dari 1 butir kelapa
  • 1 sdm kecap ikan (nampla) / kecap asin
  • 1 sdt garam
  • 2 sdt gula palem
  • 1 buah tomat, potong-potong 
  • 3–5 tangkai kemangi/daun ketumbar (saya pakai kemangi), ambil daunnya
  • 150 g udang ukuran sedang 

Cara memasak: 
  1. Kupas kentang dan wortel, potong dadu 1½ - 2 cm. Potong kacang panjang ukuran 4 cm. Sisihkan.
  2. Panaskan Happy Soya Oil dalam panci, masukkan irisan bawang bombai. Aduk sampai mulai layu, masukkan bumbu kari. Teruskan mengaduk selama 1 menit, masukkan santan, timba-timba santan. Tambahkan kecap ikan, garam dan gula palem.
  3. Setelah santan mendidih, masukkan wortel. Tunggu sampai agak lunak, masukkan kentang. Setelah 10 menit, masukkan kacang panjang dan tomat. Tambahkan udang.
  4. Masak sampai bahan matang, angkat, masukkan daun ketumbar/tangkai kemangi.






Trik masak:
  • Wortel dan kentang sebaiknya dipotong dalam bentuk dan ukuran yang seragam karena teksturnya yang keras, sehingga dapat lebih cepat  matang.
  • Kentang merupakan jenis sayuran bertekstur keras sehingga harus dimasak lebih lama. Pakai kentang kuning (jenis granola: bentuk lonjong, kulit tipis) yang tidak hancur saat direbus dan masukkan lebih dulu.
  • Tumis bumbu sampai matang dan tercium aromanya yang harum. Agar saripati dari bumbu keluar dan membuat masakan menjadi lebih enak.
  • Bumbu kari hijau siap pakai memang memudahkan, tetapi kurang aroma harumnya. Karena itu tambahkan bumbu aromatik khas Thailand, seperti serai, daun jeruk, dan daun ketumbar.




Nantikan resep selanjutnya ya Moms ;)

1 komentar:

  1. Waaahh solusi banget ya untuk pecinta masakan deep frying a.k.a gorengan. secara masakan Indonesia rata - rata gorengan semua

    BalasHapus

Postingan Populer