Sabtu, 20 Juli 2019

Tips Agar Anak Tumbuh Kembang Optimal

Assalamu'alaikum Moms, bahagianya bulan ini Kai genap berusia 1 tahun, Alhamdulillah. Saya mau sharing perkembangannya Kai menjelang usianya yang 1 tahun ini. Kai sama dengan kakaknya Kifta, di usia 11 bulan sudah bisa berjalan sendiri tapa dititah. Semua terstimulasi karena saya memberikan kebebasan kepada Kifta dan Kai. Ditambah beberapa kegiatan sensoris yang benar - benar sangat membantu. Tips ini ampuh sekali, asalkan masih dalam pengawasan kita ya Moms. Kebetulan saya dibantu Ibu untuk merawat si Kecil.

Untuk mendukung kegiatan stimulasi perkembangannya Kai dan Kifta tentunya harus didukung dengan asupan nutrisi yang lengkap di masa periode emasnya. Periode emas ini adalah 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK).

Pertumbuhan dan Perkembangan Anak

Pertumbuhan dan perkembangan ini sangat berkaitan ya Moms. Hal ini harus dipersiapkan dan dipenuhi saat 1000 Hari Pertama Kehidupan. Karena pada saat ini lah anak bertumbuh dan berkembang dengan pesat. Jika diperiode ini kebutuhan gizi anak tidak terpenuhi, maka periode emas akan berubah menjadi periode kritis yang mengganggu pertumbuhan dan perkembangan anak di masa sekarang maupun di masa yang akan datang.


product launching evoo yummy bites




Pertumbuhan (Growth)
  • Bertambahnya ukuran fisik
  • Dapat diukur secara kuantitatif
  • Berat Badan (BB), Tinggi Badan (TB), Lingkar Kepala (LK), dll

Perkembangan (Development)
  • Kualitatif (pengamatan)
  • Bertambahnya kemampuan struktur dan fungsi tubuh
  • Motorik Kasar (mengangkat kepala, merangkak, berjalan, dll)
  • Motorik Halus (koordinasi mata dan tangan, mentransfer benda, mengambil mainan, dll)
  • Bahasa (mendengarkan sekitar, babbling, dipanggil menoleh, sampai berbicara)
  • Persona-sosial, berekspresi, dll

Tips Agar Anak Tumbuh Kembang Optimal

1. Nutrisi yang Cukup
Hal yang paling berpengaruh terhadap tumbuh kembang si Kecil adalah Nutrisinya. Ini merupakan langkah awal. Berikan si Kecil nutrisi yang lengkap yang terdiri dari 5 komponen. Keseluruhan komponen ini harus ada di setiap porsi makan si Kecil, yaitu Karbohidrat, Protein Hewani, Protein Nabati, Sayur, dan Buah. Dan pastikan, porsi makanan harus sesuai dengan usianya ya Moms.

2. Pencegahan Terhadap Penyakit
Pencegahan penyakit ini dapat dilakukan dengan Vaksinasi dan istirahat yang cukup. Alhamdulillah, meskipun banyak berita miring mengenai vaksin, saya tetap melakukan Vaksin dengan dokter yang sudah saya percaya sejak lahr kakak Kifta.

3. Lingkungan
Tugas kita selanjutnya adalah memberikan lingkungan yang bersih dan fasilitasi seluruh kebutuhan perkembangan anak. Selain itu, beri si Kecil kasih sayang yang utuh ya Moms. 💗

4. Stimulasi
Kunciya kebebasan, dengan diberinya kebebasan dapat memudahkan anak untuk belajar seluruh informasi yang ada di lingkungannya. Namun jangan asal beri kebebasan ya Moms, kebebasan ini harus ada batasan, agar anak tahu akan norma - norma yang ada.


Di tulisan kali ini, saya akan fokus membahas mengenai poin pertama yaitu "Nutrisi yang Cukup". Karena ini adalah hal yang paling dasar yang harus dipenuhi terutama pada 1000HPK anak. Mulai dari 0-6 bulan, bayi hanya diberikan Air Susu Ibu (ASI), sebagai makanan terbaik. Menginjak usia 6 bulan pemenuhan gizi bayi dari ASI hanya sebesar 65-80%, dimana organ pencernaan bayi telah berfungsi dengan baik. Semenjak ini lah bayi diberi Makanan Pendamping ASI atau sering kita singkat dengan sebutan MPASI.

MPASI inipun diberikan dengan cara bertahap. Mulai dari tekstur yang encer hingga akhirnya padat. Dan porsinya juga harus sesuai dengan usia bayi ya Moms.


tips agar anak tumbuh kembang optimal


Syarat Pemberian MPASI

Pemberian MPASI tidak boleh sembarangan ya Moms. Dan pastikan kalau bayi sudah diberikas ASI terlebih dahulu, kemudian diberikan makanan pendamping. Adapun syarat yang harus dipenuhi saat pemberian MPASI adalah sebagai berikut ;
  1. Mengandung cukup Gizi
  2. Mudah dicerna
  3. Porsi kecil (sesuai usia bayi)
  4. Perhatikan jika bayi memiliki alergi
  5. Hindari penggunaan bumbu berlebih (saya hanya menggunakan gula garam, sedikit)
  6. Tidak memakai penyedap rasa atau MSG!

Karena si Adek sekarang sudah berusia 1 tahun, maka tekstur makanannya pun sudah padat mendekati tekstur makanan dewasa. Satu bahan yang selalu saya pakai adalah Extra Virgin Olive Oil (EVOO) atau Minyak Zaitun Murni. 

Manfaat EVOO (Extra Virgin Olive Oil) untuk Bayi

Pada EVOO terdapat vitamin E dan K dan asam lemak yang lengkap. Oleh karena itu, Minyak Zaitun dapat meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan otak bayi. EVOO juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi dan mencegah asma. Daaaaan, Minyak zaitun juga dapat mengatasi sembelit pada bayi lho Moms. Oleh karena itu, tidak boleh berlebihan ya memberikan EVOO kepada bayi. Selain itu, EVOO dapat menstimulasi pertumbuhan rambut dan kulit yang sehat.

By the way, karena saya masih bergelut di dunia per-MPASI-an, senang sekali rasanya mendapatkan undangan "Product Launching Yummy Bites Kiddy Extra Virgin Olive Oil" pada tanggal 11 Juli 2019 (bertepatan dengan ulang tahunnya Adek Kai 😍) Terlebih saya penggemar cemilan Yummy Bites dari jamannya Kakak Kifta bayiiii. 😋

Product Launching Yummy Bites Kiddy Extra Virgin Olive Oil

Mendengar ada produk baru dari Yummy Bites rasanya lagsung bahagia, wahhhh Yummy Bites punya anggota keluarga baru! Dan itu EVOO yang hampir setiap harinya saya pakai. Kenal Yummy Bites ini sudah lama banget, sejak Kakak Kifta memasuki usia MPASI. Satu - satunya camilan yang saya percaya adalah Yummy Bites! Karena sesuai dengan arahan dokter. Kalau di Mother and Baby Fair, saya ga pernah absen untuk beli, selalu rela ngantri demi dapetin stok Yummy Bites yang banyak, apalagi diskonnya gila - gilaan. Ngantrinya mengular parahhh. 😄

Nah, apa saja sih keunggulan EVOO Yummy Bites dibanding Merk lain?
  • Menggunakan varietas zaitun yang netral dan mild (suitable for baby grade)
  • Mengandung Vitamin E, Omega 3, dan Omega 9
  • Diproses menggunakan sistem cold pressed
  • Tingkat keasaman yang sangat rendah = 0.2%
  • Tidak menimbulkan sensasi perih yang berlebihan di tenggorokan
  • Rasa dan aroma yang netral sehigga tidak mengubah cita rasa makanan ketika ditambahkan


product launching evoo yummy bites



Pada saat Product Launching, Yummy Bites mengundang Chef favoritku, Chef Nina Bertha! 😍 Chef Nina Bertha mendemokan cara membuat "Butternut Pumpkin Cereal Puree" . Hanya menggunakan Yummy Bites EVOO dan Cereal, lalu ditambahkan wortel, sereh,,umami (tomat dan jamur) plus bawang bombai. Lalu diblend secara bersamaan, lalu dihidangkan. Mudah sekali bukan? Makanan instant yang aman, bagiku ya Yummy Bites ini 😉.


product launching evoo yummy bites
Chef Nina Bertha



Dan saya pun mempraktekkannya di rumah dengan menu andalan saya, favoritnya anak - anak :


sup ayam yummy bites kiddy evoo


- Sup Ayam a La Mama Duo K (Baby : 1 yo) -

Bahan :
  • Buncis
  • Kol
  • Ayam
  • Gula
  • Garam
  • Yummy Bites Kiddy EVOO

Cara Memasak :
  1. Goreng Ayam (lalu potong dadu)
  2. Rebus sayur - sayuran di tempat berbeda
  3. Tambahkan gula garam ke rebusan sayur
  4. Masukkan potongan ayam ke sayur
  5. Matikan kompor, lalu tambahkan Yummy Bites Kiddy EVOO ke dalam masakan
  6. Sajikan


sup ayam yummy bites kiddy evoo


Berries Cereal, menu kedua ini bisa dijadikan sebagai makanan selingan nih Moms. Cukup mix seluruh bahan menjadi satu, tambahkan air hangat, aduk - aduk dan tunggu selama 3 menit, langsung bisa disantap si Kecil. Bisa ditambahkan gula sedikit ataupun Yummy Bites Yogurt Melts untuk menambah rasa manis. Wanna try??? Jangan lupa tambahkan Yummy Bites Kiddy EVOOnya yah 😉


Nah, seperti yang saya bilang di atas, Yummy Bites ini sudah menemani pertumbuhannya si Kakak dari ia mulai memasuki Usia MPASI. Yummy Bites selalu dibawa kemana - mana loh. Begitu menerima bingkisan besar dari Yummy Bites, Kifta sangattt senang.


tips agar anak tumbuh kembang optimal


Kalau inii, si Adek bolo - bolo lagi kehujanan Yummy Bites dari langit, qiqiiqi..


tips agar anak tumbuh kembang optimal


tips agar anak tumbuh kembang optimal


Okehhh jangan dilihatin lama - lama ya ontyyyy, anaknya takut cemilan favoritnya diambil 😂



Untuk info lebih lanjut, onty - onty bisa langsung kunjungi link di bawah ini yah :

4 komentar:

  1. Jadi ini kayak bahan tambahan buat asupan lemak si kecil gitu yah?

    BalasHapus
  2. Makasih infonya mba aku jadi tau

    BalasHapus
  3. Diuuh jadi pingin nyetoook semua yg disebutkan diatass ��❤️

    BalasHapus
  4. ngileeerr jadinya. emang klo jd ibu itu hrs kreatif ya smp ke urusan makanan dan penyajian.

    BalasHapus

Postingan Populer