Jumat, 19 Juli 2019

Pentingnya Kebebasan Untuk Mendukung Kreativitas Si Kecil

Kini Kakak Kifta usianya sedang menuju 4 tahun. Semakin besar, Ummi akan semakin pusing. Pusing mempersiapkan kebutuhan pendidikannya Kakak. Ummi harus lebih giat lagi nih belajarnya. Baru saja kelar Diploma Montessori rasanya kepingin lanjut ke kelas - kelas lainnya. Play Therapy kayaknya seru 😍.  Semoga nanti ada rezekinya ya nak. Aamiin.

Eh kenapa pingin lanjut ke Play Therapy? Jadi, beberapa waktu yang lalu saya belajar mengenai Play Program (bukan Play Therapy). Play Program bisa dibilang masih seujung kukunya Play Therapy. Seujung kukunya saja punya arti dan manfaat yang sangat besar loh Moms. Setiap masuk kelas ini, semakin menyadarkanku akan banyaknya hak anak - anak yang harus kita penuhi. Salah satunya kebebasan. Kebebasan pada Play Program tentunya masih sejalan dengan Metode Montessori. Yang terpenting harus memiliki batasan - batasan. Apa saja kebebasan - kebebasan itu? Akan saya bahas di bawah ini yah.

Freedom with Limits

Dulu saya pun pernah menjadi Ibu yang banyak aturan. Ga boleh ini, ga boleh itu. Semua karena takut rumah berantakan ataupun takut si Kakak jatuh dsb. Tapi perlu diketahui, justru ini dapat menghambat perkembangan Anak itu sendiri.

Di dalam Metode Montessori ada 7 kebebasan yang merupakan hak dari setiap anak, yaitu ;

  1. Free to Move (kebebasan bergerak)
  2. Free to Speak (kebebasan untuk berpendapat)
  3. Free to Think (kebebasan untuk berfikir)
  4. Free to be Themselves (kebebasan untuk menjadi dirinya sendiri)
  5. Free to Love and Beloved (kebebasan untuk menyayangi dan disayangi)
  6. Free to Feel the Way They Feel (kebebasan mengeskplorasikan apa yang dia rasakan dengan caranya sendiri)


Seperti yang sudah saya tulis di atas, kebebasan ini harus berbatas ya Moms. Dengan batasan ini anak dapat menghargai dirinya dan lingkungannya, termasuk belajar aspek Moral. Apa saja batasannya?

  1. Yourself (dirinya sendiri)
  2. Others (tidak boleh mengganggu / menyakiti orang lain)
  3. Materials (tidak boleh merusak Mainan)
  4. Environment (tidak boleh merusak lingkungan)
  5. Progress at Your Own Rate (bermain /bekerja sesuai usianya)

Manfaat Kebebasan untuk si Kecil

  • Mensupport perkembangan kognitif anak
  • Mensupport perkembangan motorik
  • Mensupport kemandirian anak
  • Memberikan fondasi untuk pembelajaran lebih lanjut
  • Melatih bahasa anak

Setelah memberi kebebasan kepada anak, tugas kita selanjutnya adalah mengobservasi, hal apakah yang sangat disukai anak? Mungkin disana passionnya. Maka kembangkan! beri anak fasilitas yang lebih lengkap untuk memenuhi kebutuhan mereka untuk beraktifitas.

Nahh beruntungnya pada tanggal 14 Juli 2019 lalu saya mendapatkan undangan untuk menghadiri Mom Gathering yang diadakan Nippon Paint bersama Indonesia Montessori Club (IMC). Ohya, Saya dan Kifta tidak pernah absen di acaranya Mom C loh. 😍


nippon spot-less dukung kreativitas anak


Untuk pertama kalinya saya mengenal Metode Montessori ini ya dari Mom C.  Sejak Kifta berusia 1 Tahunan. Dari membaca forumnya, menghadiri setiap book launch-nya, dan akhirnya saya punya lengkap koleksi buku yang Mom C tulis. Setiap yang ia terapkan kepada Caleb (anaknya), ternyata berpengaruh besar terhadap Kifta. Kosa kata Kifta bertambah banyak pada saat itu. Masya Allah.

Salah satu kegiatan yang paling disukai anak - anak adalah mewarnai. Maupun dalam berbentuk Sensory Play, ataupun mewarnai dengan menggunakan kuas dan kertas. Semua ini tergantung dari usia anak. Semakin kecil anak biasanya memerlukan media yang semakin besar pula. Saya akan share nih kegiatan yang pernah saya adakan bersama komunitas yang saya bangun, semoga menginspirasi Mom semua 😍


nippon spot-less dukung kreativitas anak


Sediakan satu sudut rumah, anak hanya diperbolehkan bebas bereksplorasi disini saja, tidak boleh ke bagian rumah yang lain, agar anak dapat menghargai lingkungannya. Gimana rasanya melihat bahagianya mereka? Energinya pun otomatis mengalir ke kita juga yah. Anak senang, Mama pun cemas. Eh, kok cemas? kayaknya ga jaman lagi deh cemas memikirkan cat rumah yang berubah menjadi kanvas. Sekarang ga perlu kuatir lagi ya Moms, karena sudah ada Nippon Spot-Less yang mudah dibersihkan bahkan menggunakan sikat. Selain itu, Nippon Paint juga mendukung rumah sehat untuk anak kreatif.

"Kampanye Rumah Sehat bukan hanya memperkenalkan produk Nippon Spot-Less Plus sebagai Cat Anti-Noda dan Anti-Kuman terdepan dan terbaik untuk orang tua, namun untuk memberikan edukasi dalam rangka mewujudkan Rumah Sehat untuk keluarga sehat." imbuh Jon Tan (CEO Decorative Paints Nippon Paint Indonesia.


Ditegaskan kembali oleh Mom C, Elvina Lim Kusumo yang menyampaikan, "Banyak kegiata kreatif yang dapat dilakukan anak bersama orang tua ketika di rumah. Anak perlu diberikan kesempatan untuk bereksplorasi agar minat, bakat dan kreativitasnya terasah dengan baik dan membantu tumbuh kembang optimalnya di masa depan. Pendampingan langsung orang tua dan didukung dengan lingkungan rumah yang yang sehat, tentunya menjadi faktor penting pada setiap proses belajar anak. Kenyamanan beraktivitas di dalam rumah perlu dibangun, guna mendorong kepecayaan diri, keberanian, dan semangat anak dalam menyelami minat dan bakatnya. Lingkungan yang aman tentunya juga memberikan kenyamanan bagi orang tua ketika mendampingi anak belajar."


nippon spot-less dukung kreativitas anak

Keunggulan Nippon Paint Spot-Less

1. Formula Silver Ion
Dimulai dari anak belajar jalan, dinding rumah merupakan salah satu spot yang sering disentuh anak untuk menopang diri. Nippon Paint Spot-Less telah lulus uji anti mikrobal dari SETSCO (lembaga akreditasi dari Singapura) dan diakui oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI) yang efektif membasmi bakteri berbahaya di dinding.

2. Stain Guard
Tak dipungkiri, dinding menjadi salah satu media anak untuk mewarnai, terlebih yag usianya masih di bawah 4 tahun ya Moms. Dinding menjadi salah satu kanvas favoritnya anak. Oleh karena itu, kini Nippon Paint mendengar seluruh keluhan Moms dan memberi solusi dengan teknologi Stain Guard ini, dinding yang sudah dicoret - coret anak, dapat di bersihkan kembali. Yuhuuuuu. Anak senang Mama pun senang ya Moms 😍

3. Clean Air
Pernah ya mencium cat yang baunya menyengat? Ini tentu tidak aman untuk anak, bahkan bayi yang baru lahir. Nippon Paint ini benar - benar menjadi sahabatnya Mama, karena tidak mengandung Volatile Organic Compound (VOC). VOC ini merupakan zat yang berbahaya yang dapat meyebabkan kanker. Hal ini terbukti dengan diperolehnya Sertifikat Green Label Singapore (Sertifikat Ramah Lingkungan). Tak sedikit ya alergi pada bayi yang disebabkan oleh udara yang tidak bagus.

Jadi, bagaimana Moms? Masih ragu - ragu kah memberikan si Kecil kebebasan bereksplorasi? Semangat terus buat kita yaaahh, semoga anak - anak kita menjadi anak yang berprestasi unggul di masa depan, Aamiin Allahumma Aamiin. Ohya, Nippon Paint ini juga memiliki banyak pilihan warna, termasuk warna telur asin (yang menjadi favorit Moms di Tahun 2019). So, ayoo kita ke toko material terdekat 😉


nippon spot-less dukung kreativitas anak



12 komentar:

  1. Seru yah acaranya kemaren, manfaat banget buat aku. si Kei pun betah manjat2 n tembak bola

    BalasHapus
  2. Nah bener nih, bebas tapi tidak tak terbatas, yaa... Jangan sampai malah jadi merusak juga, kan. Tapi omong-omong merusak, enak juga yaa ada cat yang mudah dibersihkan begini. Jadi anak tidak perlu dibatasi untuk berkreasi yang ternyata tidak merusak tembok.

    BalasHapus
  3. Seru sekali acaranya & metode nya mom, ku mau coba juga buat si kembar

    BalasHapus
  4. Aku suka dengan pembahasan sial Montessori mom. Sesama Montessori enthusiast Kita hehe tapi mom Vieta usah lebih kece lah,diploma 😍

    BalasHapus
  5. Jadi orangtua memang kudu memperkaya diri dengan ilmu terus menerus ya Mom. saya nih mau belajar montessori malah belum jadi juga *tutupmuka*

    BalasHapus
  6. Nippon paint ini benar2 dapat mendukung kreatifitas anak, dengan dikeluarkannya produk cat tembok yang dapat dibersihkan saat tembok di coret-coret.

    BalasHapus
  7. Waaah nippon ini cocok dong buat rumah yg ada anak balitanya

    BalasHapus
  8. Nippon paint ini salah satu cat Favorite keluarga aku karena beneran bagus banget dan aman buat anak-anak kita

    BalasHapus
  9. Bener banget mom emang anak itu butuh banget diberi kebabasan supaya dia kreatif

    BalasHapus
  10. Bener bnget deh mba.. kaya ny si nippon ini lg hype ya.. bagus bgt sih emang.. jd mau gnti cat ke nippo deh nanti..

    BalasHapus
  11. penting banget sih , tetap musti diawasi ya bun . jangan segala dilarang kalau anak mau melakukan sesuatu yang kreatif hihi

    BalasHapus
  12. Aku penasaran sih karena lihatnya bagus bgt hasilnya wajib dicoba

    BalasHapus

Postingan Populer