Rabu, 31 Juli 2019

Bahaya Virus Flu dan Kenapa Harus Vaksin

Assalamu'alaikum, Moms..

Wahhh siapa nih yang baru saja mendaftarkan si Kecil masuk sekolah di tahun ajaran baru ini? Duhhh seru sekali ya Moms, di Instagram saya lihat berseliweran foto - foto si Kecil dengan sekolah barunya, seragam barunya, hingga ada beberapa Moms yang meng-upload bekal sekolah anaknya. Haha, saya gemas sendiri. 😍

Penularan Flu di Tempat Bermain Anak

Nah, ngomong - ngomong, apa sih yang menjadi alasan Moms memilih sekolah tersebut untuk si Kecil? Boleh donk sharing di komen yah 😍. Saat ini Kifta sebenarnya memang belum saya daftarkan ke sekolah formal manapun, karena rencananya akan Home Schooling di usianya saat ini. Pernah sempat sekolah di sekolah formal, namun Kifta tidak tertarik, akhirnya saya memilih Kifta belajer di rumah. Sebagai aktifitas tambahan, saya mengikutsertakan Kifta ke kegiatan - kegiatan Kids Playdate untuk belajar bersosialisasi. Namun, saat ini Kifta ketularan Flu nih dari teman - teman mainnya 😢. Dilema yaaa, ga mungkin juga anak dikurung terus di rumah. Ternyata saya tidak sendirian, saat bertemu Moms lainnya di sebuah acara, keluhannya juga sama. Setelah anaknya masuk sekolah, lebih sering terkena Flu.




Apa Itu Virus Influenza dan Apa Bahayanya?

Influenza atau Flu adalah penyakit pernafasan menular yang disebabkan oleh Virus Influenza yang menginfeksi hidung, tenggorokan, dan paru - paru. Penyakit ini selalu kita anggap ringan, namun ternyata beresiko tinggi bagi anak - anak. Terutama untuk anak - anak di bawah 5 tahun, sangat beresiko tertular Flu dan terkena komplikas, seperti sinus hingga infeksi paru - paru seperti pneumonia dan bronchitis. Dimana sistem kekebalan tubuh bagi anak yang belum terbentuk sempurna.

Ohya, orang yang terkontaminasi Virus Influenza, dapat menularkan virus tersebut kepada orang lain 1 hari sebelum terkena flu hingga 5 - 6 hari setelahnya. Virus Flu ini dapat menyebar dari percikan ludah (bersin), kontak fisik, dan dengan menyentuh benda yang sudah terkontaminasi Virus Flu.

Virus Influenza / Flu dapat bertahan hingga 48 Jam!


Ciri - ciri si Kecil terkena Virus Flu ;
  • Demam mencapai suhu 39,4⁰C - 40,5⁰C
  • Nyeri dibadan
  • Sakit kepala
  • Sakit tenggorokan
  • Batuk yang semakin parah
  • Merasa kelelahan
  • Pilek dan hidung mampet

Kalau sudah seperti ini rasanya sedih sekali ya Moms, melihat anak tidak bisa beraktifitas seperti biasanya. Tidak bisa bermain dan belajar. Malah si Kifta biasanya rewel seharian, kalau sudah begini saya pun tidak bisa berajtifitas yang lainnya, rumah jadi kayak kapal pecahhhhhhh.  😭


Anak sehat, ibu bahagia


Anak sehat, proses belajar mengajarpun jadi lebih nyaman.


Lindungi Anak dari Virus Influenza

Merinding ya Moms setelah membaca bahaya dari virus ini. Saya pun sebelumnya juga termasuk Mama yang cuek terhadap virus ini. Selalu berfikiran bahwa virus ini adalah masalah kecil. Namun setelah datang ke acara Blogger Gathering The Urban Mama bersama Kenapa Harus Vaksin, membuat saya lebih paham mengenai virus ini. Pulangnya membawa bekal yang sangat banyak, bukan hanya membawa ilmu saja, tetapi membawa jajanan SD yang superrrr ngangenin 😆. Acara ini diadakan di Kembang Kencur Cafe, Jakarta Selatan.




Selain venue dan jajanan yang oke pembicaranya juga oke, ada dr. Attila Dewantidi Sp.A sebagai narasumber dan Maya Septha seorang Mom Celebrity yang juga peka terhadap Vaksin Flu. Kali ini topiknya sangat pas yaitu "Back to School #KenapaHarusVaksin" 




Di acara kemarin, seluruh Mom Blogger diberi wejangan bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati. Bagaimana caranya membentengi diri dari Virus Flu yang bandel ini?
  1. Yang paling pertama, yang dapat mencegah virus ini adalah dengan vaksinasi yang harus dilakukan di setiap tahunnya. Vaksin Flu sudah dapat diberikan kepada anak >6 bulan.
  2. Jauhkan anak dari kontak langsung dengan orang yang terkena Flu.
  3. Menjaga kebersihan diri dan lingkungan.
  4. Rajin mencuci tangan dengan sabundan air hangat.
  5. Membersihkan tangan menggunakan cairan antiseptik yang mengandung Alkohol.

Setelah pulang dari acara ini saya semakin sadar akan pentingnya #KenapaHarusVaksin dan berniat untuk membawa Duo K vaksin di rumah sakit terdekat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Populer