Rabu, 01 Mei 2019

Hilangkan Bau Mulut Selama Berpuasa dengan Pepsodent Herbal

Assalamu'alaikum wr. wb

Beberapa hari lagi kita akan memasuki bulan suci Ramadhan. Dimana ini adalah bulan yang ditunggu - tunggu seluruh umat Muslim di dunia. Bismillah, semoga pada bulan Ramadhan nanti kita termasuk orang - orang yang beruntung yang dapat memanfaatkan bulan tersebut untuk meraih pahala sebanyak - banyaknya. Aamiin Allahumma Aamiin. Sebelum menggali lebih dalam lagi, yuk kita ketahui dulu point - point penting yang bisa dijadikan bekal selama berpuasa nanti.

5 Keistimewaan Bulan Suci Ramadhan

  1. Bulan Puasa Ramadhan Merupakan Rukun Islam yang Ketiga
  2. Al - Qur'an diturunkan pada bulan Ramadhan (Qs. Al - Qadar : 1)
  3. Allah menetapkan malam Lailatul Qadar di bulan Ramadhan (QS. Al - Qadar : 1-5)
  4. Allah membuka pintu - pintu Surga, menutup pintu - pintu Neraka dan membelenggu Syaitan
  5. Melaksanakan Umrah pada bulan suci Ramadhan sama pahalanya dengan Ibadah Haji


al baqarah


Persiapkan Amal Salih dalam menyambut Ramadhan

Abu Bakar al Warraq al Bakhi rahimahullah mengatakan, "Rajab adalah bulan untuk menanam, Sya'ban aalah bulan untuk mengairiri, dan Ramadhan adalah bulan untuk memanen."

Indahnya melaksanakan ibadah puasa pada bulan Ramadhan tidak lah datang begitu saja. Lebih baik di bulan - bulan sebelumnya kita isi dengan amalan - amalan lainnya. Sehingga kesabaran dan perjuangan sudah terlatih. Bulan Ramadhan akan berlalu dengan cepat, semakin terlatih akan semakin nikmat menjalankannya.

Jangan Lupa Taubat!

Nabi Muhammad salallahu 'alaihi wasallam bersabda, "Setiap keturunan Adam itu banyak melakukan dosa dan sebaik - baik orang yang berdosa adalah bertaubat."

Dengan bertaubat berarti kita sangat bersungguh - sungguh untuk menyambut bulan suci Ramadhan. Bertaubat kepada Allah, meminta maaf kepada yang disakiti lalu tidak akan mengulangi sekecil apapun kesalahan yang pernah diperbuat.  Allah juga memerintahkan kita untuk selalu bertaubat sebagaimana firmannya,

"Bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, 
Hai orang - orang beriman supaya kamu beruntung."
QS. An-Nur : 31

Dan jangan pula kita bertubat hanya di bulan suci Ramadhan saja ya Moms, bulan - bulan setelahnya pun juga. Insya Allah, semoga kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik setiap saat. Aamin Allahumma Aamiin.

Beruntungnya pada tanggal 26 April lalu saya berkesempatan hadir pada acara Blogger Gathering bersama Pepsodent Herbal Sahur Amal 2019 dengan tema : Mulut Adem, Hati Adem  di salah satu restoran kawasan Jakarta Pusat, Seribu Rasa Menteng. Acara tersebut dihadiri oleh beberapa nara sumber ; beberapa artis Ibu Kota, Dokter Gigi dan Ustadzah salah satu televisi swasta "Islam itu Indah". Tentunya banyak sekali ilmu yang saya dapatkan dari sini. Dimulai dari Tausiah hingga kesehatan gigi dan mulut. Dimana ini selalu menjadi masalah utama saat berpuasa. Well, seru sekali bukan? semua ini akan saya jabarkan di bawah ini ya Moms ;)

Sebelumnya diramaikan dengan acara Press Conference yang di hadiri oleh Distya Tarworo Endri selaku Senior Brand Manager Pepsodent, PT Unilever Indonesia Tbk, Drg. Ratu Mirah Afifah GCClinDent., MDSc. selaku pakar kesehatan gigi dan mulut, Aini Aryani selaku Ustadzah, Tantri "Kotak" (Celebity Mom), dan Bapak Dr. Ir. H. Lukmanul Hakim, M. Si selaku Direktur LPPOM MUI.


atasi-bau-mulut




Di acara kedua (sore hari) diawali dengan membuat scrapbook yang hasilnya akan dihadiahkan kepada adik - adik kita di panti asuhan sebagai wujud support menyalurkan semangat untuk berpuasa. Nah, yang di bawah ini merupakan hasil karya #MamaDuoK alias saya, :D


atasi bau mulut selama ramadhan





Selanjutnya Tausiyah yang disampaikan oleh Ustadzah Lulu Susanti (Islam Itu Indah). Ada 3 point penting yang harus kita amalkan selama di bulan suci Ramadhan nanti :

1. Jaga Mulut
Tips pertama untuk kesehatan mulut adalah menjaga kebersihan mulut & gigi. Ada ungkapan mengatakan "Kebersihan merupakan sebagian dari iman". Dalam menjalankan ibadah puasa sangat dianjurkan untuk menjaga kebersihan, terutama di bagian mulut. Karena kita akan tetap berinteraksi dengan orang - orang di sekitar.

Tips kedua, untuk menjaga kesehatan tubuh, Ustadzah Lulu mengingatkan kita untuk makan Makanan Halal. Halal dari segi bahan dasar pembuatannya dan Toyib dari segi kesehatan. Insya Allah puasa kita akan lancar. Misalnya Jengkol atau Petai, nahhhh siapa nih yang suka? Makanan tersebut halal, namun ga mungkin ya kita makan pada saat berpuasa nanti karena baunya pasti akan sangant mengganggu.

2. Jaga Harta
Cara menjaga harta kita agar tetap berkah adalah dengan cara menjauhi yang subhat dan carilah pekerjaan - peerjaan yang halal. Mari kita berlomba - lomba dalam mengejar keberkahan di bulan suci nanti.

3. Jaga Lisan
Nah, di bulan baik nanti baiknya kita harus lebih berhati - hati dalam menjaga lisan agar puasa yang kita lakukan tidak sia - sia. Seperti yang disampaikan Nabi, jangan sampai kita termasuk orang yang merugi yang hanya mendapatkan lapar dan haus saja.


mulut adem hati adem
Ustadzah Lulu



Selanjutnya ada Drg. Ratu Mirah Afifah GCClinDent., MDSc (Pakar Kesehatan Gigi dan Mulut) yang melajutkan point pertama dari Ustadzah Lulu.

Pentingnya Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi Agar Senantiasa Adem Selama Berpuasa

  1. Menyikat gigi dan lidah minimal 2 kali sehari yaitu setelah makan sahur dan sebelum tidur. Kebiasaan ini harus dilakukan agar sisa - sisa makanan yang ada di mulut bisa dibersihkan dan tidak dirubah oleh bakteri di dalam mulut menjadi asam yang dapat mengakibatkan bau mulut.
  2. Berkumur saat berwudhu. Hal ini dapat membantu mengurangi gejala mulut kering saat kita berpuasa.
  3. Perbanyak minum air putih pada saat sahur dan berbuka. Air putih adalah komponen utama dari air liur yang berfungsi  untk menyimpan mineral - mineral yang diperlukan gigi, sekaligus membersihkan partikel makanan yang menempel di sela - sela gigi.
  4. Perbanyak makan makanan yang berserat tinggi seperti buah dan sayuran saat sahur dan berbuka puasa. Buah dan sayur adalah pembersih gigi alami yang bisa membantu membersihkan plak dan sisa makanan, juga mengandung antioksidan yang bisa menjaga kesehatan gigi dan mulut.
  5. Mengkonsumsi kurma. Kurma mengandung fluoride yang bisa mencegah ggi berlubang. Selain itu, meskipun rasanya manis, kita tidak perlu merasa khawatir karena kandungan gula dalam kurma termasuk golongan fruktosa yang tidak memiliki efek samping terhadap kesehatan gigi.


atasi bau mulut
drg. Ratu


Melanjuti point pertama dari Dokter Ratu, kini sudah ada Pasta Gigi Herbal, Aman dan Halal yang patut jadi rekomendasi, Pepsodent Herbal #MulutAdem Hati Adem.


atasi bau mulut


Pepsodent Herbal Mulut Adem

Untuk memenuhi kebutuhan umat muslim beribadah puasa, Pepsodent Herbal menjadi pilihan yang tepat. Pepsodent Herbal merupakan satu -satunya pasta gigi yang mendapatkan penghargaan Halal Award dari Lembaga Pengkajian Pangan, Obat - obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) sejak tahun 2014. Pepsodent Herbal (Pepsodent) terbuat dari bahan - bahan halalan thoyiban.

Penghargaan kedua kalinya diterima pada tahun 2018. Hal ini semakin mendorong Pepsodent untuk memastikan kehalalan seluruh proses produksinya, dimulai dari pemilihan bahan baku, pengawasan prroses produksi hingga proses penyimpanannya.

Pepsodent Herbal Sahur Amal 2019

Tahun ini Pepsodent kembali mengajak seluruh umat muslim untuk beramal. Berlomba - lomba dalam kebaikan agar Ibadah Puasa kita semakin berkah. Keberkahan dimulai dari sahur. Sabda Rasulullah salallahu 'alaihi wassalam, "Bersahurlah, karena pada makan sahur itu ada keberkahan". Agar semakin berkah, alangkah lebih baik jika kita bisa berbagi rezeki kepada yang membutuhkan, berbagi makanan sahur yukk. Ternyata gerakan ini sudah dijalankan sejak tahun 2013!

Namun berbeda  dari tahun - tahun sebelumnya, untuk menjadi partisipan kebaikan melalui program ini menjadi lebih mudah, setiap pembelian Pepsodent Herbal 190gr kemasan khusus Ramadhan, otomatis Rp 1.000,- ya akan didonasikan untuk mempersiapkan paket sahur ke ratusan Panti Asuhan yang tersebar di beberapa kota besar di Indonesia sehingga semakin banyak saudara - saudara muslim kita menjalankan sahur sebagai bentuk Ibadah yang dianjurkan. Dalam membagika paket ini nanti, Pepsodent akan melibatkan sejumlah sosok muslim dan muslimah inspirasional yang dapat membangkitkan semangat anak - anak yatim piatu dalam berpuasa, beribadah dan berbuat kebaikan dibulan Ramadhan.


Info selengkapnya, Moms bisa kunjungi link di bawah ini yah 😚
https://www.instagram.com/tanyapepsodent


mulut adem hati adem



10 komentar:

  1. Lengkap deh , selalu enak di baca artikel kamu mam🙏😊

    BalasHapus
  2. Jadi bebas mau mulut, dan kesehatan mulut terjaga

    BalasHapus
  3. Jadi bebas bau mulut dan kesehatan mulut pun terjaga

    BalasHapus
  4. Wah, terima kasih sudah diingatkan, Mom... Banyak yang perlu kita benahi ya, agar ibadah Ramadhan makin lancar.

    BalasHapus
  5. Jaga mulut, jaga harta dan jaga lisan. Duh lengkap semua ya. PEPSODENT sudah jadi pasta gigi keluarga kami sejak saya kecil.

    BalasHapus
  6. Ramadhan penuh berkah,pingin banget merasakan yang nomor 5, umroh di bulan Ramadhan

    BalasHapus
  7. bulan Ramadhan memang bulan yang tepat untuk berbagi kebaikan ya, eia bener kalau lg puasa mulut suka kering bgt, aku juga suka kumur2 supaya mulut jd lebih nyaman

    BalasHapus
  8. Bau mulut ini merupakan masalah yang muncul saat puasa ya mom, kadang suka gak nyaman juga kalau lawan bicara kita bau mulut. Ini bisa jadi salah satu rekomendasi agar nafas tetap segar.

    BalasHapus
  9. Alhamdulillah ya mbak puasa jadi menyenangkan dan bebas bau mulut

    BalasHapus
  10. Masalah bau mulut saat puasa ini kadang memang lumayan sering terjadi ya, mbak. Makanya penting banget buat kita selalu menjaga kebersihan mulut dan gigi

    BalasHapus

Postingan Populer