Kamis, 09 Mei 2019

Tips Belanja Cerdas dan Hemat Selama Ramadhan

Assalamu'alaikum,
Lagi - lagi saya ingin berbagi tips dan tricks selama menjalani ibadah suci di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini, nihh Moms. Tulisan kali ini akan membahas tentang manajemen keuangan rumah tangga selama Bulan Ramadhan. Wahhh menarik sekali yaa.. 

Sebelum memasuki Ramadhan pastinya kita akan mempersiapkan seluruh kebutuhan yang akan diperlukan, membeli banyak sekali barang atau isi kulkas berharap ibadah kita tidak akan terganggu selama sebulan. Namun, apakah kita sudah memilah - milahnya? Apakah yang kita siapkan tersebut benar - benar yang kita butuhkan selama Ramadhan? Jangan sampai malah over budget! Hmmm.. Hal ini jangan dianggap sepele ya. Karena bisa berpengaruh ke keuangan rumah tangga  saat Lebaran nanti lho! Seremmm.. apa ya tips antihati - hati jangan sampai boncos!

Salah satu contohnya, biasanya di setiap tahun saya selalu nyetok keperluan dapur untuk sebulan saat menjelang Ramadhan, berharap agar ibadah puasa nanti tidak akan terganggu dan bisa ikutan Tarawih di setiap malamnya. Nyetok sih nyetok, tapi malah banyak item yang justru bukan saatnya dibeli, malah dibeli. Ada juga yang kebanyakan, yang akhirnya malah menuh - menuhin storage di rumah dan akhirnya membusuk tidak bisa dipakai. Fatalnya lagi, belanja saat seluruh harga sembako sedang melonjak naik setinggi - tingginya. Duh nyesek bukan main. Ditambah kala tahu di supermarket harganya jauh lebih murah. Huaaaaaa.. Bisa nangis kejang kejang. Membekasnya lamaaaa.. Ini masih soal belanja isi dapur selama Ramadhan, belum lagi belanja keperluan Lebaran. Nah dibawah ini akan ada beberapa tips Anti Boncos selama Ramadhan

Beruntungnya pada tanggal 2 Mei 2019 lalu saya mendapatkan undangan  dari The Urban Mama untuk menghadiri acara yang diadakan oleh PT Hero Supermarket Tbk (Hero Group) dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan yang mengusung tema "Anti Boncos Selama Ramadhan" bertempat di Cohive Cafe, Plaza Kuningan, Jakarta Selatan.

Hmmm, sejenak saya berfikir, "Bener banget nih, penting banget nih, dan nyindir banget nih." Hahaha..




Dipandu dengan Astrid Tiar (kembaranku, #eh) acara berjalan sangat seru sekali. Ditambah Ibu Ligwina Hananto sebagai Speaker Perencanaan Keuangan (Financial Trainer & CEO of PT. Quantum Magna Financial) dengan kocaknya membuat seluruh Awak Media maupun Mom Blogger yang hadir tertawa dengan lepas. Biasanya belajar manajemen keuangan itu pusing ya? Nah berbeda dengan Ibu Wina ini, menyuguhkan ilmu ekonomi selengkap - lengkapnya, dibungkus dengan apik, lalu disampaikan dengan cara yang sangat ringan.



Berikut tips anti boncos selama Ramadhan ;

3 Kategori Keuangan Keluarga

Jadi Ibu Wina menyarankan agar selama bulan Puasa ini kita mengkategorikan keuangan rumah tangga menjadi 3 bagian ;
  1. Pengeluaran Rutin. Kebutuhan pokok rumah tangga. Ini wajib dibeli, namun kebutuhan pokok ini diambil dari pengalihan pengeluaran pribadi menjadi keperluan dapur yang mana menjadi lebih banyak dari bulan - bulan biasanya.
  2. Pengeluaran Lifestyle. Pengeluaran tambahan seperti bukber bersama teman - teman. TIDAK HARUS semua undangan bukber diikuti yah!!!
  3. Pengeluaran Sosial. Selama bulan Ramadhan, baiknya perbanyaklah beramal. Berlomba - lombalah dalam kebaikan. Karena kita belum tentu bisa bertemu lagi di tahun selanjutnya.
Selain dari pembagian kategori keuangan rumah tangga di atas, Ibu Wina juga menyampaikan pesan, "Selalu siapkan 3 Dana. Dana yang harus ada selalu. Dana Darurat, Dana Pendidikan dan Dana Pensiun" Sehingga keuangan rumah tangga akan lebih tertata. Jangan dibiarkan habis yaa, selagi muda ayo berusaha 😎

Melatih Anak Mengelola Keuangan

Tips terakhir dari Ibu Wina adalah, ajarkan anak kita 4 skill keuangan sedini mungkin! Apa saja itu?
  1. Menghasilkan uang. Mengajarkan anak mandiri dan bisa menghargai uang.
  2. Berbelanja. Mengajarkan anak untuk mengambil keputusan. Anak juga harus tahu cara berbelanja.
  3. Berbagi. Sharing is Caring, anak harus dipupuk jiwa sosialnya sedari kecil. Hal ini juga mengajarkan anak untuk bersyukur.
  4. Menabung. Agar memahami, suatu saat dia akan meraih sesuatu dari apa yang ia tabung selama ini. Melatih kesabaran. Semua tidak ada yang instant.
Kalau seluruh anggota keluarga (termasuk anak) bisa memahami mengelola keuangan, wahhh beruntung sekali ya rasanya. Bisa sukses di usia muda nih orang tuanya.. hihii

Oh ya, Ibu Wina juga mengingatkan, "Harus pinter - pinter belanja! Manfaatkan promo - promo yang ada! Manfaatkan sosial media sebagai informasi - informasi diskon"

Mau ngikutin tips terakhirnya? Pastiiii donk yaa.. Ibu pantang dengar kata diskon atau sale 😆

Selanjutnya, Bapak Handrianus Wahyu Trikusumo selaku Direktur PT Hero Supermarket Tbk menyampaikan, "Ramadhan adalah momen istimewa yang selalu ditunggu oleh mayoritas keluarga Indonesia dan hal ini biasanya beriringan dengan peningkatan pola konsumsi masyarakat sehingga berdampak pada peningkatan pengeluaran yang berbeda dari bulan - bulan biasanya. Memahami kebutuhan tersebut, HERO Group melalui empat unit bisnisnya; Hero Supermarket, Giant, Guardian, dan IKEA menawarkan solusi belanja cerdasdan ekonomis yang dapat memberikan dampak signifikan bagi keuangan pelanggan."





Nahhhh sudah ketebak yah, disini Hero, Giant, Guardian dan Ikea banyak sekali menawarkan promo selama bulan Ramadhan, yang mana seluruh barang tersebut adalah kebutuhan saat Ramadhan dan Lebaran nanti! Apa saja? Yuk cekidaut..



Hero Supermarket

Selama bulan Ramadhan (29 April - 6 Juni), Hero supermarket memiliki program "Pasar Ramadhan 30 Days of Discovery" dimana setiap pelanggan dengan min. pembelanjaan Rp 300.000, berhak mendapatkan harga special untuk produk - produk tertentu. Belanja bulanan mah lebih dari 300K kan yah? Seruuu bisa nebus harga murah. 😍 Info selanjutnya bisa kunjungi www.herosupermarket.id


Giant

Nah, ini dia nih yang sering banget ngadain program hemat, sebelumnya ada program #HargaTeman, sekarang juga ada program baru selama bulan Ramadhan. Yaitu, Belanja Murah Bulan Berkah, Pasar Ramadhan Berlimpah Berkah, dan Santap Segera Saat Berbuka (Giant menghadirkan menu - menu baru dari kategori makanan siap saji dengan harga murah). Info selengkapnya bisa dilihat di www.giant.co.id


Guardian

Selama bulan Ramadhan, kecantikan dan kesehatan jangan sampai diabaikan ya Moms. Asyiknya Guardian pun juga  turut memberikan program promo selama  bulan Ramadhan yang dinamai Fit & Cantik Selama Ramadhan. Dimana ada ratusan produk kesekatan dan kecantikan dengan diskon hingga 30% selama periode berlangsung (25 April - 22 Mei). Detail produknya bisa dikepoi di instagram @guardian_id

IKEA

Wohooo.. Ini dia nih surganya buibuuu 😍 Siapa nih yang suka beli es krim 4.000an??  Tos dulu ahh. Saran saya, belanjanya sorean dikit sekalian ngabuburit biar bisa nikmati es krim ini 😂 Nah, agar lebaran nanti rumah kelihatan fresh, wajib nih ke Ikea. Ada promo Ramadhannya juga lho! Setiap pembelian METOD Kitchen seharga Rp 15.000.000 dan kelipatan Rp 5.000.000, dapatkan Gift Voucher Ikea senilai Rp 1.500.000 selama program berlangsung (25 April - 26 Mei). Dan masih ada lagi promo lainnya. Yuk Ramadhan jalan - jalannya ke Ikea aja!

All About HERO Group

PT Hero Supermarket Tbk (Hero Group) telah hadir selama 47 Tahun di Indonesia. Perusahaan retail modern pertama di Indonesia yang didirikan pada tahun 1971 dengan toko pertama berada di Jl Faletehan, Jakarta.



Seiring berjalannya waktu, HERO Group tumbuh dan berkembang dalam membangun jaringan bisnisnya serta berinovasi dalam rangka memenuhi kebutuhan serta pola konsumsi masyarakat. Perseroan saat ini mengoperasikan empat unit bisnis yaitu Hero Supermarket, Giant, Guardian dan IKEA. Hingga Maret 2019, Perseroan telah mengoperasikan 53 Giant Ekstra, 76 Giant Ekspres, 32 Hero Supermarket, 273 Guardian, dan 1 IKEA (Soon IKEA JGC). Wahhh banyak juga yah. 😍

Gimana gimana gimana??? Banyak sekali ya diskonnya. Selamat berbelanja ya Moms 😘

2 komentar:

  1. Wah, aku baru tahu kalau ternyata satu grup, ya.. Promonya asyik-asyik nih, bisa buat manfaatin THR tanpa bablas.

    BalasHapus
  2. Seneng banget aku tuh sama pembicaranya..
    Yang bikin aku mikir, ternyata bener juga yah akutuh gak pernah diajarin belaja jadi boros,

    BalasHapus

Postingan Populer