Kamis, 09 Mei 2019

Tips Atasi Sembelit Selama Berpuasa

Assalamu'alaikum, wr. wb.
Alhamdulillah bisa bertemu kembali dengan bulan penuh berkah ini, bulan suci Ramadhan. Seluruh umat muslim di seluruh  Indonesia menyambut bulan suci ini dengan penuh suka cita sesuai dengan adatnya masing - masing. Di setiap daerah pasti punya ciri khas yang berbeda - beda, memiliki cara unik tersendiri. Misalnya saya yang bersuku Minang.

Menyambut Ramadhan dengan Rendang, Masakan Khas Minang

Saya berdarah Minang dari Ibu, biasanya  kami menyambut bulan Ramadhan dengan kegiatan masak memasak. Bisa lebih dari satu menu. Salah satu masakan yang tidak boleh ketinggalan adalah "Rendang", maupun itu Rendang Sapi, Rendang Ayam atau Rendang Kerang. Dan ada juga yang berkreasi memasak Rendang Ikan.

Ini sudah menjadi tradisi orang Minang sejak dulu. Dari kecil, saya sudah terbiasa dengan tradisi ini, nenek selalu memasak Rendang dengan skala besar ketika menyambut bulan suci Ramadhan dan akhirnya sayapun melakukan hal yang sama setelah menikah. 

Di sisi lain, bagi saya hal ini sangat menguntungkan sihh (si Ibu Anak Dua 😁) agar saat bulan Ramadhan bisa fokus untuk beribadah. Ga perlu repot lagi harus masak ini itu saat makan sahur ataupun berbuka. Rendang ini kalau dimasak dengan benar, akan tahan berbulan - bulan lho!!! Yang pastinya kali ini saya masak Rendang bukan untuk  stok sebulan. 2Kg daging saja sudah cukup. Seminggu makan rendang sudah pasti bosan. 😂




Siapkan Kotak P3K Selama Ramadhan

Nah, selain masakan, kira - kira apalagi sih yang harus kita persiapkan menyambut bulan Ramadhan? Jawabnya, "Isi Kotak P3K"

Loh kok? Hubungannya apa? 
Biasanya, kita terlalu sibuk mencari resep, menyiapkan menu berbuka dan sahur tanpa memperhatikan kesehatan bukan? Makan, makan, dan makan.

Batuk, salah satu penyakit paling laris di bulan Ramadhan. Penyebabnya ya makanan atau minuman yang manis saat sahur dan berbuka. Dan pastinya ini semua disuguhkan dalam bentuk dingin kan? Oleh sebab itu, sebaiknya kita juga menyiapkan obat batuk di dalam Kotak P3K Rumah.

Sakit apa lagi? Sakit Gigi! Hmmm.. Bak sejoli dengan batuk. Penyebabnya makanan dan minuman manis. Selama bulan Ramadhan baiknya kita harus lebih ekstra memperhatikan kebersihan mulut dan gigi ya Moms. Kalau sudah sakit, pasti berobatnya susah. Akan mengganggu ibadah puasa  selanjutnya. Karena sakit Gigi  ini tidak selamanya bisa sembuh dengan cepat / instant. Sebelum ke dokter, ada baiknya kita mempersiapkan Paracetamol di Kotak P3K. Antisipasi kalau tiba - tiba nyeri di gusi.




Dan yang ga mau kalah adalah, SEMBELIT. Penyakit langganan yang bisa saja mampir ke setiap anggota keluarga. Dari bayi hingga Lansia.

Pada tanggal 03 Mei 2019 lalu senangnya saya bisa hadir di acara Fimelahood Blogger Gathering bersama Dulcolax dengan mengusung tema "Puasa Lancar, Perut Nyaman" 

Yang menjadi speakers pada acara tersebut adalah : 
  • dr. Riana Nirmala Wijaya (Sanofi Medical Expert)
  • Debi Widianti (Senior Brand Manager Dulcolax)
  • Nycta Gina (Actress)

Banyak sekali yang dijelaskan oleh dr. Riana tentang sembelit ini. Dan ada beberapa fakta juga yang baru saya ketahui. Huhuhu.. Yuk kita bahas lebih dalam.







Apa Itu Sembelit?

Sembelit atau susah Buang Air Besar menunjukkan gejala seperti di bawah ini ;
  1. Buang Air Besar kurang dari 3 kali dalam seminggu.
  2. Buang Air Besar tidak lancar (ngeden).
  3. Ada rasa mengganjal saat Buang Air Besar (tidak selesai tuntas).
  4. Sakit perut
  5. Kondisi terberat, harus dibantu dengan jari agar feses keluar.

Siapa Saja yang Beresiko Sembelit?

Orang - orang yang memiliki resiko sembelit adalah sebagai berikut ;
  1. Wanita, karena faktor hormonal ataupun sedang hamil. 
  2. Orang yang jarang bergerak atau berolah raga. 
  3. Kurangnya makan makanan berserat seperti sayur dan buah.
  4. Lansia.
  5. Stress. Ternyata stress juga salah satu penyebab susahnya BAB. Wahh..
  6. Orang yang sedang berpuasa. Karena metabolisme tubuh berubah, biasanya makan teratur, namun saat berpuasa kita hanya makan saat sahur dan berbuka saja. Dan kurangnya aktifitas fisik.
Kalau sudah sembelit pasti berabe ya Moms. Ibadah puasapun pasti akan terhambat. Sulit berpuasa, sulit sholat, dan ibadah lainnya. Jangan sampai bulan penuh berkah ini terlewat begitu saja. Solusinya? Selalu sediakan obat pencahar di Kotak P3K rumah. Di bawah merupakan obat pencahar yg direkomendasikan dokter.

Yuk, Kenalan dulu dengan Dulcolax

Dulcolax adalah obat pencahar yang digunakan untuk melancarkan Buang Air Besar (BAB). Kandungan Bisacodyl pada Dulcolax membantu merangsang usus besar untuk mengeluarkan kotoran.



Dulcolax sudah dipercaya lebih dari 62 Tahun atasi susahnya BAB di dunia. Dulcolax memiliki 3 varian ;


  • Tablet (tidak disarankan untuk yang sedang sakit jantung dan stroke. Karena memberikan efek mules)



  • Supositoria (dapat dikonsumsi dari anak  - anak hingga dewasa, bekerja cepat selama 30 menit)




  • Sirup (dapat dikonsumsi dari bayi di bawah 1 tahun hingga Lansia)




Nah, ternyata sembelit bisa dialami oleh semua umur ya Moms dan bisa datang kapan saja, ada baiknya kita selalu menyediakan Dulcolax ini di Kotak P3K Rumah. Apalagi anak - anak yang kurang suka makan sayur, bisa rewel seharian jika pencernaannya bermasalah. Kita pun selaku orang tua pasti tidak tega melihat tangisan anak - anak menahan sakit karena sembelit. 

Akhir kata, selamat berpuasa bagi yang menjalankan, yuk jaga kesehatan saluran pencernaan selama Ramadhan, jangan dibiarkan numpuk di usus terus  agar kita dapat beribadah dengan maksimal di bulan ini ya Moms!!!  ❤



3 komentar:

  1. Sejak tahu ada Dulcolax, saya sedia Dulcolax di rumah dua jenis. Satu yg surup untuk anak, dan satu yang tablet itu untuk saya. Kami berdua memang susah BAB. Senang ada Dulcolax sangat membantu

    BalasHapus
  2. Iya banget nih, kadang karena makannya jadi kurang serat, sembelit menghantui.
    Anak saya juga sering kayak gitu.

    Boleh juga nih nyetok Dulcolax di rumah :)

    BalasHapus
  3. Daku juga pernah itu, rangking keasikan makan rendang lupa diimbangi dengan buah dan sayur, sembelit deh jadinya

    BalasHapus

Postingan Populer