Jumat, 21 Desember 2018

Berikan Stimulasi yang Tepat untuk Optimalkan Perkembangan Motorik si Kecil

"Assalamu'alaikum kakak, selamat pagiiiiii.. Yuk kak kita mandi, bersih - bersih dan makan! Ummi sudah siapkan banyak permainan menarik!" ucapku ceria setiap pagi mengawali aktifitas sambil mencium keningnya. Si sulung Kifta sudah siap beraktifitas. 

Kifta termasuk anak yang sangat aktif, jadi untuk kegiatan hari ini saya harus mempersiapkannya sehari sebelumnya. Kegiatan yang dilakukan juga bukan hanya satu atau dua, bisa saja lebih, hahha (lumayan sekali yahhh untuk memikirkan ide - ide bermain). Ini dilakukan dengan maksud untuk menjauhkan Kifta dari pengaruh gadget!

Kalau disuruh belajar, Kifta sangat susah untuk diminta duduk diam, karena Ia sangat membutuhkan gerak yang bebas. Solusinya? Saya akan memberikannya kegiatan - kegiatan yang menggunakan motorik kasarnya terlebih dahulu, setelah itu dilanjutkan dengan kegiatan - kegiatan motorik halus. 


melatih motorik anak
Melatih Motorik Kasar dengan Balance Bike


Pada masa Golden Age -nya ini saya sangat fokus dan berhati - hati setiap pelajaran yang akan saya berikan kepada anak. Ini merupakan masa kepekaan si kecil. 0-6 tahun merupakan masa anak untuk menyerap segala informasi tanpa filter dari lingkungannya yang kemudian membawa anak ke tahap observasi. Anak sangat membutuhkan kesadaran orang tua (kita) untuk memberikan stimulasi yang mendukung perkembangannya di berbagai aspek.

Perkembangan Fisik Anak

Perkembangan anak yang paling mendasar adalah perkembangan fisiknya (anggota tubuh). Perkembangan Motorik merupakan proses tumbuh kembang kemampuan gerak seorang anak. Sekecil apapun gerakan anak merupakan hasil interaksi antara saraf otak dengan anggota tubuh. Perkembangan kemampuan motorik anak adalah kemampuan anak untuk mengendalikan seluruh anggota tubuhnya yang terkoordinasi antar pusat saraf, urat saraf dan otot.

Perkembangan Motorik Terbagi Menjadi Dua :

1. Motorik Kasar

Kemampuan Motorik Kasar adalah aktivitas - aktivitas yang menggunakan otot besar. Gerakan motorik kasar melibatkan aktivitas otot tangan, kaki, dan seluruh tubuh anak. Contoh dari kegiatan ini adalah kemampuan anak duduk, berjalan, berlari, menendang, melompat, dan lain - lain. Perkembangan motorik kasar ini dikuasai secara bertahap, dalam arti anak menguasai setiap tahapan kemudian lanjut ke tahapan selanjutnya.

2. Motorik Halus

Kemampuan Motorik Halus adalah kemampuan yang berhubungan dengan keterampilan fisik yang melibatkan otot kecil serta koordinasi mata dan tangan. Kegiatan yang dilakukan seperti menyusun balok, menyusun puzzle, meroce, menuang cairan, dan lain - lain. Otot - otot jari tangan sangat dilatih.

Perkembangan motorik halus setiap anak berbeda - beda, tergantung dari stimulasi yang Ia dapatkan dari lingkungannya. Kita sebagai orang tua lah yang memegang peranan penting ini untuk  mengembangkan kecerdasan motorik halus anak. Lingkungan dapat menurunkan atau menambah kecerdasan anak. Manfaatkan periode emas anak ya Moms, karena pada masa ini anak dapat menyerap dengan sempurna segala informasi yang kita berikan. Tetaplah semangat menjadi teman terbaik anak sehari - hari. Berikan stimulai yang tepat, karena setiap fase anak membutuhkan rangsangan agar Ia dapat tumbuh secara optimal.


monde boromon
Perkembangan Motorik terbagi dua



Tanamkan konsep "Fun Learning" kepada anak, karena ini merupakan faktor terpenting agar anak mau menerima setiap kegiatan yang kita berikan. Info - info yang kita berikan pun akan diterima dengan mudah, masa konsentrasi anak pun akan menjadi lebih panjang selama observasi. Sehingga anak berkembang dengan baik dan optimal.



perkembangan motorik anak
Play and Children development


Kegiatan Sederhana untuk Melatih Perkembangan Motorik Anak

Moms tidak perlu khawatir dengan peralatan atau macam mainan yang kita perlukan untuk melatih perkembangan motorik si Kecil. Menggunakan peralatan - peralatan yang ada di rumah saja sudah cukup. Tak jarang kalau ada waktu luang sayapun membuat mainan - mainan Kifta sendiri. Karena yang diperlukan anak adalah mainan yang membuatnya tertarik untuk mengobservasi lingkungannya. Kegiatan yang paling sederhana adalah kegiatan sehari - hari di rumah, misalnya menuangkan cairan, sendok - menyendok, memasukkan kancing baju, meronce, mengikat tali sepatu, dan lain - lain.

Untuk melatih motorik kasarnya pun kita bisa menemani si Kecil bermain sepeda ke taman saat sore hari. Sesampai di taman, anak dapat di kenalkan berbagai macam bunga, hewan unggas, dan lain - lain yang tentunya juga dapat menambahkan kosa katanya, terutama untuk anak yang berusia 0 - 3 Tahun.


monde boromon
Noted to my self


Dari banyaknya penjelasan di atas, akhirnya menjadi alasan utama saya memutuskan untuk fokus mendidik anak - anak saya sendiri. Mengikuti seminar - seminar parenting hingga kembali mengambil study pendidikan anak. Kegiatan - kegiatan di bawah adalah yang sering saya berikan kepada Kifta, berharap setiap harinya dapat memberi permainan - permainan yang  edukatif.


monde boromon
Kifta sedang membuat kalung warna - warni

Kegiatan di atas adalah "Meronce", dimana anak diminta memasukkan tali ke lubang makaroni. Ehh Kifta bermain sambil ngemil Monde Boromon. Hihihii.. Alat yang saya gunakan pun adalah yang sangat mudah didapat di rumah. Makaroni yang sudah diberi warna agar menarik perhatian anak. Kemudian tali sepatu yang bersih. Manfaat dari mainan ini adalah ;
  1. Melatih perkembangan motorik halus anak
  2. Melatih koordinasi mata dan tangan
  3. Melatih kemampuan si Kecil menyelesaikan masalah
  4. Melatih ketelitian dan kesabaran

Kegiatan lainnya yang sering saya berikan kepada Kifta adalah kegiatan yang dapat melatih menguatkan otot - otot jari tangannya, salah satunya "Transfering Object". Dengan ini nantinya akan memudahkan Kifta menulis, karena otot - otot jarinya sudah terlatih sejak dini. Alat - alat yang saya gunakan adalah dua mangkuk kecil dan berbagai macam alat transfer seperti sendok / scoop maupun penjepit. Seluruh peralatan harus dalam keadaan bersih. Kifta meletakkan Monde Boromon ke dalam mangkuk yang satu, lalu memindahkannnya menggunakan Scoop dan penjepit ke mangkuk yang lainnya. Untuk objeknya saya sengaja pilih Monde Boromon, jadi setelah bermain Kifta bisa langsung ngemil sehat. 
 

monde boromon
Kegiatan menyendok dan menjepit


Well Moms, penasaran ga sih kenapa selalu ada produk Monde Boromon di setiap kegiatan Kifta? Karena ini merupakan camilan favoritnya Kifta!!! Setiap pergi ke Supermarket, pasti deh Kifta minta ini. Packagingnya yang lucu sangat menarik perhatian anak, ada 6 bungkus kecil di dalam satu kotak, pas untuk sekali makan. Jadi lebih steril ga perlu bawa box bekal yang membuat tas tentengan jadi berat. Hohoo. Sebel banget ya kalau bawaan banyak. Apalagi sekarang Kifta sudah punya adik, bawaan jadi serba double

Kakak juga bisa belajar berbagi loh. Karena dalam satu box isinya banyak, Kifta selalu berbagi Monde Boromon kepada teman - temannya, jadi ngemilnya bareng - bareng. For your information nih Moms, camilan yang berbentuk bola - bola kecil ini paling disukai anak - anak loh. Karena pada usia 0 - 3 Tahun anak sangat peka terhadap benda - benda kecil. Kalau diperhatikan dengan seksama, Kifta selalu anteng kalau lagi ngemil Monde Boromon.  Sambil ngemil, sambil belajar berhitung juga. Mulutnya komat kamit mengucapkan satu, dua, tiga, empat, dan seterusnya. Hahhaa.. Ada - ada saja ya anak - anak.


monde boromon
Monde Boromon


Selain dari bentuk kemasannya, saya juga cukup selektif dalam memilih cemilan untuk anak. Semua komposisi selalu saya baca dan harus lolos kriteria. Banyaknya godaan camilan micin, alhamdulillah si Kakak selalu memiih Monde Boromon yang unyu ini sebagai cemilan favoritnya.. 😍


monde boromon
Komposisi Monde Boromon


Monde Boromon dibuat dengan tepung sari pati kentang yang dapat melengkapi asupan karbohidrat yang dibutuhkan anak, bebas dari gluten, rasa manisnya berasal dari madu dan gula, dan yang membuat saya tertarik untuk selalu membelikan Kifta Monde Boromon ini adalah karena dibuat dengan minyak ikan. Tentunya Monde Boromon ini juga sudah mengantongi Sertifikat Halal. Dan serunya lagi, Monde Boromon ini lumerrrrrr saat masuk ke mulut, sangat cocok untuk dijadikan cemilan si Kecil dimulai dari usia 1 Tahun! So, don't worry Moms kalau si Kecil belum bisa makan makanan bertekstur kasar. 😎

Selain di Supermarket, Moms juga bisa membeli Monde Boromon melalui link di bawah ini :


1 komentar:

Postingan Populer