Senin, 13 Agustus 2018

Launching Anmum #MumToMum, Sahabat Terbaik Ibu

Tepat sebulan yang lalu saya melahirkan anak kedua yang kami beri nama "Kai". Betapa bahagianya untuk kedua kalinya dikaruniai putri cantik oleh Allah s.w.t. Semoga menjadi anak yang solehah dan selalu diberikan kesehatan. Aamiin.

Walaupun ini anak kedua, saya tetap memperdulikan kesehatan dan gizi semenjak masa kehamilan sampai saat ini. Baby Kai yang usianya masih 1 bulan saya berikan ASI Ekslusif. Karena saya sadar, bahwa ASI adalah makanan terbaiknya. Adapun manfaat dari pemberian ASI ini adalah, merasakan ikatan bathin yang lebih erat, emosi yang lebih stabil, proses pemulihan pasca melahirkan yang lebih cepat serta pengembalian berat badan yang lebih cepat pula.

Kandungan nutrisi ASI sendiri meliputi, Karbohidrat, Immunoglobulin A (IgA), Zat Besi, Protein, Lemak, Kalsium dan beragam Vitamin lainnya. Biasanya nih saya selalu mengkonsumsi makanan yang selalu dapat meningkatkan ASI seperti Ikan Salmon, Roti Gandum, Bauam, Daun Katuk, Wortel, dan Coklat.

Ada beberapa hal juga ya Moms yang harus kita perhatikan selama masa menyusi. 
  1. Terus menyusui. Prinsip ASI adalah semakin sering dikeluarkan, maka akan semakin banyak ASI yang diproduksi.
  2. Tetap tenang. 
  3. Istirahat cukup
  4. Memenuhi kebutuhan cairan.
  5. Pijat payudara.
  6. Konsultasi denga konselor laktasi.







Salah satu nutrisi tambahan yang saya minum selama masa kehamilan hingga menyusui adalah Anmum Materna (selama kehamilan) dan Anmum Lacta (saat menyusui).



Anmum Materna difortifikasi dengan asam folat, yang terbukti klinis dapat meningkatkan status folat ibu untuk mengurangi risiko cacat pada bayi. Dan adapula nutrisi makro dan mikro dengan Ganglioside (GA) dan DHA yang berperan penting guna mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi sekaligus menjaga kesehatan ibu selama kehamilan.



Anmum Lacta mendukung peningkatan kebutuhan nutrisi ibu menyusui sehingga kebutuhan nutrisinya terpenuhi selama masa yang penting ini. Anmum Lacta mengandung berbagai komponen pentng seperti Ganglioside (GA) dan nutrisi penting seperti DHA. Studi membuktikan asupan Ibu seperti DHA dapat mempengaruhi jumlah DHA dalam ASI.




Pada tanggal 1 Agustus lalu, dalam menyambut Hari Pekan ASI Sedunia, saya berkesempatan hadir di acara launching Digital Platform Anmum #MumToMum oleh Fontera Brands Indonesia di salah satu Hotel mewah kawasan Jakarta Selatan. Platform online ini disediakan untuk para Ibu Hamil & Menyusui yang membutuhan banyak informasi nutrisi maupun yang lainnya. Memudahkan para Ibu terkoneksi secara digitaluntuk berbagi informasi, mendiskusikan berbagai topik, dan menemukan hal baru mengenai kehamilan dan menyusi.

Tak jarang juga kita kebingungan dengan berbagai mitos yang ada ya Moms? Sehingga membuat kita bingung dan takut salah langkah sehingga membuat kita stress. Anmum #MumToMum memberikan dukungan emosional dan psikologis dari ibu untuk ibu selama perjalanan luar biasa kita, termasuk menyusui.  Anmum sepenuhnya mendorong seluruh Ibu di Indonesia untuk memberikan ASI Ekslusif kepada buah hatinya selama 6 bulan kemudian dilanjuti sampai 2 tahun.





Rohini Behl (Technical Marketing Advisor PT Fontera Brands Indonesia) mengatakan, "Banyak sekali rintangan bagi Ibu menyusui di Indonesia, termasuk kurangnya dukungan keluarga dan kesalahpahaman seputar menyusui yang perlu diluruskanSejumlah hal ini yang dapat menyebabkan turunnya atau bahkan terhentinya produksi ASI yang dapat mempegaruhi kesehatan Ibu dan bayi keseluruhan."





Rinni Wulandari (Penyanyi dan Ibu dari Nord Kiano, 5 bulan) juga membagikan kisahnya saat menyusui si Kecil, "Menjadi Ibu untuk pertama kainya adalah perjalanan yang luar biasa bagi saya. Banyak momen bahagia, sekaligus anyak tantangan. Salah satunya adalah saat menyusui dimana produksi ASI yang sempat terhambat karena tekanan pekerjaan sehari - hari, padahal Nord masih dalam usia ASI Ekslusif. Berkat dukungan orang - orang di sekitar saya yang terus memberikan semangat positif, saya terpacu sekali untuk kembali memberikan ASI Ekslusif." ungkapnya.




Begitu pula  dengan bu Ines Yumaha Gulardi, MSc. (Senior Nutrition Manager, PT Fonterra Brands Indonesia) menyampaikan, "Ibu membutuhkan dukungan emosional dan psikologis selama masa kehamilan karena mereka perlu menyediakan nutrisi terbaik bagi bayi mereka di setiap tahap kehidupan. Oleh karena itu, informasi yang diterima para ibu saat masa perencanaan kehamilan dan menyusui memiliki peran penting dalam menentukan perkembangan bayikeseluruhan sejak berada dalam kandungan hingga pertumbuhan masa kanak - kanak , yang dikemudian hari dapat mempengaruhi kesehatan mereka saat mencapai dewasa."

"Anmum adalah salah satu brand terkemuka di Indonesia yang diformulasikan untuk mendukung kebutuhan nutrisi Ibu dalam persiapan kehamilan, sahat hamil, dan menyusui. Kami ingin mendampingi Ibu dengan informasi yang tepat agar dapat membuat keputusan tepat bagi diri sendiri dan bayinya." tambah Ines Yumahana, MSc.

Bu Ines memaparkan,  Bagaimana GA (Gangliosida) berperan dalam pembentukan hubungan antar sel - sel otak :

1. GA paling banyak ditemukan di ujung - ujung sel otak dihubungkan antar sel otak
2. GA mendukung pembentukan dan perkembangan hubungan sel - sel otak yang optimal :
  • Pembentukan hubungan antar sel otak.
  • Menstabilkan hubungan antar sel otak untuk penyimpanan informasi (dasar dari proses mengingat)

Sebagai kesimpulan dari presentasi bu Ines ada beberapa hal yang harus diingat , 
  • 1000 hari pertama seorang anak membentuk dasar yang penting bagi hidupnya kelak. Pertumbuhan dan perkembangan otak juga organ tubuh yang lain terjadi pada saat yang spesifik dan membutuhkan zat gizi yang spesifik pula.
  • Perkembangan otak masih terus pesat hingga usia sekitar 2 tahun, asupan nutrisi Ibuselama menyusui pun bereran penting pada komposisi zat gizi pada ASI.
  • Asupan ANMUM Materna dan Lacta mendukung kebutuhan zat gizi menjelang kehamilan, saat hamil dan menyusui yang cenderung meningkat.
  • Asupan zat gizi yang memadai tidak saja penting bagi bayi, namun juga Ibu yag mengandugnya, dan Ibu yang sesang mnyusui.



DR. Dr. Ariani Dewi Widodo, Sp. A(K) (Dokter spesialis anak konsultan di RSAB Harapan Kita) menjelaskan, "Ibu yang berpotensi mengalami penurunan produksi ASI adalah mereka yang mengalami stress atau lelah bekerja setelah cuti melahirkan, Ibu yang sakit dalam kurun waktu tertentu sehingga tidak dapat menyusui langsung an Ibu yang merasa tidak nyaman secara psikologis karena mendapatkan tekanan dari keluarga ataupun ligkungan sosialnya. Ibu disarankan melakukan relaktasi ketika tidak memproduksi ASI selama dua minggu berturut - turut dalam masa enam bulan pertama ASI Ekslusif terutama ketika bayi berusia tidak lebih dari 4 bulan."

"Ibu harus lebih itensifuntuk menyusui langsung, didukung dengan pijat laktasi atau dikenal juga sebagai pijat oksitosin setiap hari. Bagi Ibu bekerja, harus disiplin untuk memompa dan menyimpan ASI saat mereka sedang bekerja di kantor dan selalu menyusui langsung setiap kali berada di rumah bersama bayi mereka. Agar berhasil dalam relaktasi, para Ibu wajib menerapkan teknik yang benar, memenuhi kebutuhan nutrisi, dan mendapatkan dukungan psikologis dari keluarga dan lingkungan sosial." tambah DR. Dr. Ariani Dewi Widodo, Sp. A(K).




Berikut beberapa Tips Relaktasi yang disampaikan oleh DR. Dr. Ariani Dewi Widodo, Sp. A(K) ;
  1. Supply = Demand
  2. Banyak minum air putih
  3. Curi waktu untuk istirahat
  4. Suplementasi galaktagong (bisa dibeli bebas)
  5. Obat galaktagong (dari dokter)
  6. Pompa ASI diperiksa
  7. Bonding diperkuat : Skin to skin & pijat bayi
  8. Pijat oksitosin
  9. Gunakan Supplemental Nursing System (SNS) / modifikasinya
  10. Penting : Dukungan keluarga, teman dan tetangga kesehatan

Bagaimana Moms? Banyak sekali ilmunya bukan? Sekarang tidak peru khawatir lagi yah, karena ada Anmum #MumToMom yang menemani. Pengalaman adalah guru terbaik dan pertemanan adalah lingkungan yang suportif bagi Ibu untuk memperoleh solusi praktis dan emosional dari sesama Ibu. Nah kita dapat dengan mudah mengakses platform digital Anmum #MumToMum dengan mengunjungi website Anmum di www.anmum.co.id


Untuk Info lebih lanjut bisa mengunjungi :
IG : @anmum_indonesia
FB : Anmum Indonesia





17 komentar:

  1. Alhamdulillah sambil bawa Kai bisa dapat banyak ilmu di acara ini ya Mbak. .

    BalasHapus
  2. Jadi inget dulu pas hamil, saya paling suka susu anmum karena susu brand lain rasanya ga masuk dilidah saya.

    BalasHapus
  3. Makasih Anmum, makasih mba Vit udh berbagi informasi hal-hal yang seharusnya diperhatikan selama masa menyusui sehingga proses menyusui yang baik dan benar bisa diketahui banyak orang. ilmunya sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  4. Susu bumil selalu mengandung asam folat ya. 1000 hari pertama ini memang nggak boleh lengah buat kita dapat menikmati hasilnya pas anak besar ya mba

    BalasHapus
  5. Baca info tentang susu ibu menyusui, kok jadi pingin nambah ya? Hahaha.. Semoga dek Kai segat selalu ya Mbak, jadi anak yang berguna bagi keluarga, agama, nusa dan bangsa..

    BalasHapus
  6. Hallo Mba salam kenal ya.. Subhanallah luar biasa banget Mba, beraktifitas bawa anak yang masih baby banget, aku sepertinya tidak ke wonder woman mbaknya..InshaAllah berkah ya Mba.. Apalagi busui dan bumil jaman now sudah difasilitasi dengan keunggulan teknologi yg keceh ya Mba termasuk #MumtoMum ini salah satunya.. dan yang paling utama adalah support System dari orang2 terdekat ya Mba.. semangat!

    BalasHapus
  7. Beruntung ya jadi ibu-ibu zaman now. Lebih teredukasi dari generasi-generasi sebelumnya. Semoga Anaknya menjadi kebanggaan keluarga

    BalasHapus
  8. Anmum conceern sekali kepada iobu-ibu muda sampai ada aplikasinya jadi mo cari info mudah

    BalasHapus
  9. Keren deh acara ini. Saya jadi tau bagaimana menggunakan ngt sebagai perangsang asi. Dan saya juga baru tau tentang pijat relaktasi.

    BalasHapus
  10. Baby Kai, anak hebat, baru 1 bln udah ikut jalan2 mama nya aja. Sehat terus ya baby Kai....

    BalasHapus
  11. Hello Kaaaiii.. Sehat2 yaaa sukses menyusuinya sampai 2 tahun.
    Dulu pas kaka Dema dan Maxy msh menyusu saya jg minum Anmum lhoooo😁

    BalasHapus
  12. Ibu jaman sekarang memang harus banyak pengetahuan, ngga kayak jaman dulu. Jadi kandungan produk dan info kesehatan pun dipahami, ga hanya ikut2an ^^ mantaab

    BalasHapus
  13. Ibu hamil dan menyusui memang harus mengkonsumsi multivitamin dan susu yang cukup demi perkembangan bayi. salah satu susu yang oke Anmum. Kandungan gizinya cukup

    BalasHapus
  14. Kalo anmum itu ngeluarin susu yang buat program kehamilan enggak si mba? Soalnya aku lagi nyari2 referensi susu untuk program gitu mba..

    BalasHapus
  15. Semakin mudah aja ya Mba dengan adanya platform online. Para ibu jadi mudah sekarang saat mencari informasi mengenai tumbuh kembang buah hati.

    BalasHapus
  16. Aku waktu hamil. Cuma cocok sama susu ini ajah. Apalagi kalo diminum pake air dingin enak banget

    BalasHapus
  17. Ternyata 1000 hari pertama itu penting banget ya mbak, saya baru tahu mengenai ada semacam 1000 pertama. Note deh buat pelajaran saya jika punya anak

    BalasHapus