Senin, 11 Juni 2018

Pijat Bayi di Rumah dengan Sentuhan Cinta Johnson's Baby

Pijat bayi adalah hal yang harus Mama pelajari. Mengapa? Karena ini dapat meningkatkan bonding antara kita dan baby. Di luar memang banyak sekali penawaran yang menyediakan jasa pijat bayi dengan menyediakan ruangan yang lucu - lucu. Namun tidak ada yang lebih baik selain kita sebagai Ibunya.

Pada tanggal 5 Juni 2018 lalu saya berkesempatan hadir di acara temu komunitas The Urban Mama bersama Johnson's Baby di Gudang - gudang Yoga Studio, Kemang, Jakarta Selatan, yang bertemakan Sentuhan Cinta.



Sebelum memasuki ruangan, seluruh peserta disuguhkan dengan foto -foto bayi mungil dan lucu yang sedang menjalankan proses pijat :) Membuat saya tidak sabar menunggu si Adik Launching,, hehe :D





Bonus demografi diperkirakan akan dialami oleh Indonesia selama periode 2020 - 2030 ketika jumlah orang di usia produktif akan mencapai sekitar 70% dari populasi. Ini artinya jika bayi memiliki kesempatan untuk tumbuh dengan baik, mereka akan dapat meraih impian mereka di beberapa dekade ke depan, dan memberikan kontribusinya pada pembangunan negara. Dan ini merupakan tanggung jawab kita sebagai Orang Tua untuk mengasah, mengasuh dan mengasihi anak kita sendiri.

Brand Manager Johnsons's Bab

Johnson's Baby kini datang dengan inisiatif terbarunya yang dinamai dengan "Sentuhan Cinta". Melalui ini Johnson's mendorong Ibu Indonesia untuk mendukung pentingnya sentuhan cinta ibu untuk kesehatan dan perkembangan bayi. Sentuhan Cinta ini juga diperuntukkan kepada seluruh bayi yang ada di Indonesia. Memberi mereka kesempatan untuk tumbuh, berkembang dan menggapai impian mereka dengan bekerja sama dengan "Save the Children" di Indonesia (Yayasan Sayangi Tunas Cilik) untuk membantu edukasi ritual pijat bayi dan mandi bayi kepada seluruh ibu di Indonesia melalui program "Kesehatan Ibu dan Anak".

Dengan setiap transaksi pembelian semua jenis produk Johnson's Baby minimum Rp 25.000,- di Alfamart ataupun di Tokopedia, secara otomatis kita menyumbangkan Rp 500,- nya ke Save the Children untuk membantu mereka mendidik ibu lainnya di seluruh indonesia agar bayi mereka dapat tumbuh kuat dan sehat.


Produk Johnsons's Baby

Produk Johnsosn's Baby

Produk Johnson's Baby


Bersama Johnson's Baby saya belajar pijat bayi di rumah sendiri. Pemijatan pada bayi merupakan salah satu bentuk stimulasi yang terbukti bermanfaat bagi perkembangan fisik, emosi dan respon bayi. Wah, ternyata ini bukan hal yang sepele ya Moms.

Pijat bayi ini sendiri dapat dilakukan pada bayi Aterm (cukup bulan) maupun Prematur (kurang bulan) yang telah stabil. Stimulasi pijat ini sendiri dapat dilakukan kapan saja. Dan lebih baik lagi jika setiap hari dilakukan saat bayi berusia 6-7 bulan pertama, tentunya dengan teknik yang benar ya Moms.


dr. Matahari Harumdini, Sp. A

dr. Matahari Harumdini, Sp. A

dr. Matahari Harumdini, Sp. A menjelaskan pentingnya stimulasi harian untuk tumbuh kembang bayi. Terutama di 28 hari awal kehidupannya. Tumbuh kembang bayi yang terganggu dapat berpengaruh buruk pada kehidupan selanjutnya (kecerdasan, fisik, emosi, mental). Stimulasi dapat dilakukan setiap saat: mandi, makan, main, menjelang tidur, sentuhan atau stimulasi pijat

Setelah dr. Matahari Harumdini, Sp. A menyampaikan pentingnya pijat bayi, seluruh peserta diajarkan langsung oleh ahlinya bagaimana pijat bayi yang baik dan benar, yaitu Ibu Ina.

Ibu Ina
Ada hal yang harus diperhatikan sebelum memijat bayi ya Moms :
  • Jangan memijat bayi setelah ia makan atau disusui.
  • Jangan membangunkan bayi hanya untukdipijat.
  • Jangan memijat saat bayi sakit.
  • Jangan memijat dengan paksa
  • Jangan memaksakan posisi pijatan tertentu
  • Selalu memperhatikan respon bayi saat pemijatan.

Selama memijat bayi kita harus menjaga kontak mata dengan si Bayi ya Moms. Selalu mengajak bayi berbicara atau menyanyikan lagu sambil memutarkan musik - musik yang lembut. Diawali dengan sentuhan ringan lalu perlahan tingkatkan tekanan pijatan bayi saat ia sudah merasakan nyaman. Selalu perhatikan bahasa isyarat bayi juga ya Moms agar bayi tetap nyaman selama dipijat. Dan tentunya gunakan Baby Oil atau Baby Lotion Johnson's Baby ;). Pemakaian baby oil / baby lotion tidak diperbolehkan untuk area sekitar mata! Setelah selesai memijat, bayi langsung dimandikan dengan air hangat.

Persiapan yang harus diperhatikan :
  • Ruang kamar yang nyaman
  • Sediakan waktu yang cukup
  • Pemijatan harus dilakukan pada posisi nyaman dan santai
  • Menggunakan alas yang rata dan lembut
  • Sediakan handuk, baju ganti, dan baby oil / baby lotion
  • Kuku dipotong pendek dan tidak memakai perhiasan di jari
  • Tangan harus selalu dalam keadaan bersih

Di bawah ini merupakan step by step modul Pijat Bayi yang saya dapatkan dari acara tersebut. Yukk, mulai sekarang kita pijat bayi kita sendiri ;)

Stimulasi Pijat Pada Bayi Cukup Bulan (Aterm) dan Balita

Untuk bayi cukup bulan (Aterm) dan balita, pemijatan dilakukan pada area wajah, dada, perut, tangan kaki dan punggung. Total lama pemijatan adalah 15 menit. Gerakan boleh tidak beraturan dan dapat dihentikan sebelum semua rangkaian selesai jika bayi tidak menghendaki. Tiap gerakan dilakukan 6 kali.

1. PIJATAN WAJAH
  • CARESS LOVE (Sentuhan Cinta). Mengusap dengan rasa sayang dimulai dari garis tengah wajah ke arah samping seperti membuka buku.

  • RELAX (Pijatan Daerah Alis). Pijat daerah di atas alis dari tengah ke samping menggunakan kedua ibu jari.

  • CIRCLE DOWN (Pijatan Memutar Membentuk Lingkaran). Pijat mulai dari kedua sudut mata bagian dalam turun melewati pangkal hidung sampai tulang pipi, dengan gerakan memutar perlahan menggunakan ibu jari atau jari telunjuk.

  • SMILE (Senyuman). Pijat di atas mulut bayi menggunakan ibu jari dari jari tengah ke samping kemudian ke arah pipi seperti senyuman bayi. Lalu pijat di atas dagu mulai dari tengah ke samping menuju ke arah pipi seolah membuat bayi tersenyum.

  • CUTE (Pijatan Daerah Belakang Telinga). Akhiri pijatan wajah dengan gerakan lingkaran kecil mulai dari daerah di bawah telinga menuju dagu dengan menggunakan tiga jari.



2. PIJATAN DADA
  • BUTTERFLY (Pijatan Kupu - Kupu). Letakkan kedua telapak tangan di tengah dada bayi. Lalu gerakkan kedua telapak tangan ke atas sampai sampai di bawah leher kemudian ke samping, ke bawah, dan kempali ke tengah tanpa mengangkat tangan, menyerupai sayap kupu-kupu.

  • CROSS (Pijatan Menyilang). Letakkan kedua telapak tangan di kedua sudut tulang rusuk terbawah. Lalu pijat menyilang dengan telapak tangan dari pinggang ke arah bahu dan sebaliknya, bergantian kanan dan kiri.


3. PIJATAN PERUT
  • MENGAYUH. Letakkan telapak tangan kanan di bawah tulang iga dan hati. Gerakkan telapak tangan kanan ke bawah dengan tekanan lembut sampai di bawah pusar. Lalu ulang dengan telapak tangan kiri secara bergantian beberapa kali.

  • BULAN MATAHARI. Pijat dengan telapak tangan kanan, mulai dari perut kanan bawahbayi ke atas menuju ke perut kiri bawah bayi searah jarum jam (Gerakan Bulan). Lanjutkan pijatan dengan tangan kiri dengan gerakan berputar mulai perut sebelah kanan bawah bayi ke atas mengikuti arah jarum jam membentuklingkaran penuh (Gerakan Matahari). Gerakan ini dilakukan tidak terputus. Gerakan ini diulang beberapa kali.

  • I LOVE YOU. I, Pijat dengan tiga ujung jari tangan, dari perut kiri atas bayi lurus ke bawah seperti membentuk huruh I. LOVE, Pijat dengan tiga ujung jari tangan, dari kanan atas ke kiri atas perut bayi, kemudian ke bawah membentuk huruf L terbalik. YOU, pijat dengan tiga ujung jari tangan dari perut kanan ke bawah ke atas kemudian ke perut kiri atas menuju ke bawah membentuk huruf U terbalik.
  • WALKING FINGERS. Tekan seluruh bagian dinding perut dengan ujung jari telunjuk, jari tengah, dan jari manis bergantian berjalan dari sebelah kanan ke ke kiri bayi untuk mengeluarkan gelembung udara.

  • RELAX (Derakan Relaksasi). Akhiri pijatan perut dengan mengangkat dan menekuk kedua kaki bayi hingga bagian paha menyentuh perut kemudian menekan perlahan ke arah perut.


4. PIJATAN TANGAN
  • MILKING (Pijatan Memerah). 
  1. Milking India (Perahan India). Pegang lengan bayi dengan kedua telapak tangan seperti memegang memukul softball (tangan kanan menggenggam lengan atas, tangan kiri menggenggam lengan bawah).
  2. Milking Swedia (Perahan Swedia). Lakukan gerakan kebalikan dari Perahan India. Gerakan dilakukan dari pergelangan tangan ke pangkal lengan.

  • ROLLING (Pijatan Menggulung). Gunakan kedua telapak tangan untuk membuat gerakan seperti menggulung mulai dari pangkal lengan menuju pergelangan tangan.

  • SQUEEZING (Pijatan Memeras). Lakukan gerakan memutar dan memeras dengan lembut dari pangkal lengan ke pergelangan tangan dengan kedua tangan.

  • THUMB AFTER THUMB (Pijatan telapak dan Punggung Tangan). Pijat seluruh permukaan telapak tangan mulai dari pergelangan tangan ke arah jari - jari menggunakan kedua ibu jari. Lalu pijat seluruh permukaan punggung tangan mulai dari pergelangan tangan ke arah jari - jari menggunakan kedua ibu jari.

  • SPIRAL (Pijatan Memutar pada Telapak dan Punggung Tangan). Pijat seluruh permukaan telapak tangan mulai dari pergelangan tangan menuju pangkal jari dengan gerakan memutar menggunakan ibu jari. Lalu pijat seluruh permukaan punggung tangan mulai dari pergelangan tangan menuju pangkal jari dengan gerakan memutar menggunakan ibu jari.
  • FINGER SHAKE (Pijatan pada Jari). Goyang dan tarik lembut detiap jari tangan bayi.

  • RELAX (Gerakan Relaksasi).  
  1. Tangan disilangkan. Pegang pergelangan tangan bayi dan silangkan keduanya di dada. Luruskan kembali kedua tangan bayi ke samping, ulang gerakan ini bberapa kali.
  2. Diagonal tangan - kaki. Permukaan ujung kaki kanan dan ujung tangan kiri bayi di atas tubuh bayi sehingga membentuk garis diagonal. Tarik kembali kaki kanan dan tangan kiri bayi ke posisi semula. Pertemukan ujung kaki kiri dan ujung tangan kanan bayi di atas tubuh bayi sehingga membentuk garis diagonal. Tarik kembali kaki kiri dan tangan kanan bayi ke posisi semula. Lakukan gerakan ini secara bergantian dan berulang - ulang.


5. PIJATAN KAKI
  • MILKING (Pijatan Memerah)
  1. Milking India (Perahan India). Pegang tungkai bayi dengan kedua telapak tangan seperti memegang pemukul softball (tangan kanan menggenggam tungkai atas, tangan kiri menggenggam tungkai bawah). Lalu buat gerakan seperti memerah dengan menggerakkan tangan kanan dan kiri ke bawah dari pangkal paha ke tumit secara bergantian dan berulang - ulang.
  2. Milking Swedia (Perahan Swedia). Lakukan gerakan kebalikan dari Perahan India. Gerakan dilakukan dari pergelangan kaki ke pangkal paha.

  • SQUEEZING (Pijatan Memeras). Lakukan gerakan memutar dan memeras dengan lembut dari pangkal paha ke pergelangan kaki dengan kedua tangan.

  • THUMB AFTER THUMB (Pijatan Telapak dan Punggung Kaki). Pijat seluruh permukaan telapak kaki mulai dari tumit ke arah jari - jari menggunakan kedua ibu jari. Lalu pijat seluruh permukaan punggung kaki mulai dari tumit ke arah jari - jari menggunakan kedua ibu jari.

  • SPIRAL (Pijatan Memutar pada Telapak dan Punggung Kaki). Pijat seluruh permukaan telapak kaki mulai dari pergelangan kaki menuju pangkal jari dengan gerakan memutar menggunakan ibu jari. Lalu pijat seluruh permukaan punggung kaki mulai dari pergelangan kaki menuju pangkal jari dengan gerakan memutar menggunakan ibu jari.

  • FINGER SHAKE (Pijatan pada Jari). Goyang dan tarik lembut setiap jari kaki bayi.

  • RELAX (Gerakan Relaksasi). 
  1. Menyilangkan Kaki. Pegang kedua pergelangan kaki bayi. Silangkan ke atas, sehingga mata kaki kanan luar bertemu mata kaki kiri dalam. Kembalikan posisi kaki pada posisi semula. Lalu pegang kedua pergelangan kaki bayi. Silangkan ke atas, sehingga mata kaki kanan dalam bertemu mata kaki kiri luar. Kembalikan posisi kaki pada posisi semula. Gerakan ini dilakukan bergantian dan berulang - ulang.
  2. Menekuk Kaki Bergantian. Pegang pergelangan kaki kanan dalam posisi kaki lurus, kemudian tekuk kaki kanan perlahan ke arah perut. Lakukan gerakkan yang sama pada kaki kiri, ulang secara bergantian beberapa kali.


6. PIJATAN PUNGGUNG
  • GO BACK - FORWARD (Pijatan Maju Mundur). Tengkurapkan bayi melintang di depan pemijat, dengan kepala di sebelah kiri dan kaki di sebelah kanan pemijat. Posisi telapak tangan tegak lurus terhadap tulang punggung bayi. Lakukan gerakan maju mundur menggunakan telapak tangan di sepanjang punggung,  dari leher sampai ke bokong bayi.

  • SLIP (Pijatan Meluncur). Posisi telapak tangan tegak lurus terhadap tulang punggung bayi. Gerakan telapak tangan lurus dari atas ke bawah, dari leher sampai bokong.

  • MENGAYUH. Letakkan telapak tangan kanan tegak lurus terhadap tulang belakang. Gerakkan telapak tangan kanan ke bawah dengan tekanan lembut sampai bokong. Ulang dengan telapak tangan kiri secara bergantian beberapa kali.

  • SPIRAL (Pijatan Melingkar). Buat gerakan melingkar kecil di sepanjang otot punggung, mulai dari bahu sampai bokong sebelah kiri dan kanan dengan menggunakan tiga jari.

  • MENGGARUK. Akhiri pijatan punggung dengan membuat beberapa kali belaian memanjang dari leher memuju bokong dengan menggunakan ujung - ujung jari.
 


Bagaimana Moms cukup mudah kan? ;)

Untuk info lebih lanjut bisa kunjungi halaman di bawah ini ya Moms :


Instagram : @johnsonsbaby_id
Twitter : @johnsonsbaby_id
Facebook : https://www.facebook.com/JohnsonsBabyIndonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar