Senin, 14 Mei 2018

Punya Usaha Mikro? Yuk install Aplikasi LAMIKRO !

Rabu 09 Mei 2018 lalu saya menghadiri "Diskusi Pembukuan Akuntansi Sederhana Untuk Usaha Mikro" bersama  Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) di Gedung Kementerian Koperasi dan UKM. Dengan topik Laporan Keuangan untuk Usaha Kecil Berbasis Aplikasi ini saya diperkenalkan dengan Aplikasi LAMIKRO.


Tampilan Awal Aplikasi LAMIKRO



Apa itu LAMIKRO ?

LAMIKRO adalah singkatan dari Laporan Akuntansi Usaha Mikro. Pembukuan akuntansi sederhana untuk usaha mikro (berbentuk Aplikasi). Mengembangkan bisnis dengan menggunakan Aplikasi Laporan Keuangan Akuntansi sudah sangat diharuskan. Tujuannya agar para pengguna dalam hal ini (para penggerak UKM Mikro) seluruh Indonesia dapat memonitoring aktifitas keuangan UKM mereka. Aplikasi Laporan Keuangan Akuntansi ini memungkinkan pengguna dapat membuat laporan keuangan lebih cepat dan efisien.

Aplikasi ini dirancang fleksibel, sederhana, dan mudah digunakan, sehingga pelaku usaha mikro diharapkan dapat belajar tentang membuat laporan keuangannya sendiri. 


Moderator, Ibu Tia Adityasih (Ketua IAI), Bpk Anang Rachman (Kepala Bidang Lembaga Kewirausahaan Deputi SDM Kemenkop & UKM).


Menurut Ibu Tia, ”Transaksi apapun harus segera dicatat. Dengan adanya Aplikasi LAMIKRO ini memang sangat memudahkan. Aplikasi LAMIKRO ini dibuat memang betul - betul untuk pelaku usaha mikro, dimana transaksinya masih bersifat Cash


Aplikasi LAMIKRO saat ini hanya bisa diunduh untuk Handphone ber-platform Android. Jadi hanya bisa diinstall di Playstore. Aplikasi sekecil 614KB ini dapat diakses kapan saja dan dimana saja. Dan bisa juga diakses melalui website www.lamikro.com . Satu akun hanya untuk satu usaha. Jadi jika pelaku usaha memiliki 3 usaha misalnya, maka akun yang dibuat juga harus 3.




Tampilan Aplikasi LAMIKRO di Playstore





Apa saja Manfaat Aplikasi LAMIKRO ini?

1. Dapat Memonitor Aktivitas Keuangan UKM

2. Membuat Laporan Keuangan Lebih cepat dan Efisien

3. Menggantikan Metode Tradisional Pencatatan Manual

4. Prosedur Penganggaran Lebih Modern





Berikut aktivitas – aktivitas keuangan yang dapat dimonitor melalui Aplikasi LAMIKRO :

  1. ASET

    Aset diakui dalam laporan posisi keuangan ketika manfaat ekonominya di masa depan dapat dipastikan akan mengalir ke dalam entitas dan aset tersebut memiliki biaya yang dapat diukur dengan andal.

     
  2. LIABILITAS

    Liabilitas diakui dalam laporan posisi keuangan jika pengeluaran sumber daya yang mengandung manfaat ekonomi dipastikan akan dilakukan untuk menyelesaikan kewajiban entitas dan jumlah yang harus diselesaikan dapat diukur secara andal.


  3. PENGHASILAN

    Penghasilan diakui dalam laporan laba rugi jika kenaikan manfaat ekonomi dimasa depan yang berkaitan dengan kenaikan aset atau penurunan liabilitas telah terjadi dan dapat diukur secara andal.


  4. BEBAN

    Beban diakui dalam laporan laba rugijika penurunan manfaat ekonomi di masa depan yang berkaitan dengan penurunan aset atau kenaikan liabilitas telah terjadi dan dapat diukur secara andal.


  5. EKUITAS

    Ekuitas adalah hak residual atas aset setelah dikurangi seluruh liabilitasnya.




Nah, ini dia fitur – fitur yang ada di Aplikasi LAMIKRO ;

  1. ENTRI JURNAL

    Transaksi akuntansi yang dicatat pada entri jurnal yaitu menunjukkan nama akun, jumlah dan apakah akun tersebut dicatat di sisi debit atau kredit rekening.


  2. DAFTAR JURNAL

    Daftar rincian semua transaksi keuangan suatu badan usaha atau organisasi yang dicatat secara kronologis dan bertujuan untuk pendataan dan berdasarkan transaksi yang diinput pada entri jurnal.


  3. LABA DAN RUGI

    Laporan keuangna suatu perusahaan yang dihasilkan pada suatu periode akuntansi yang menjabarkan unsur – unsur pendapatan dan beban perusahaan sehingga menghasilkan suatu laba / rugi bersih.


  4. NERACA

    Laporan keuangan suatu entitas yang dihasilkan pada suatu periode akuntansi yang menunjukkan posisi keuangan entitas tersebut pada akhir periode tersebut.


Tampilan setelah Log in. Sumber : Playstore.






Jika menemukan kesulitan dalam menginstal aplikasi ini, teman – teman bisa menghubungi kontak di bawah ini ya :)



Dok. Kementerian Koperasi dan KUKM Republik Indonesia




Foto bersama dengan seluruh peserta yang hadir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Populer